Kamis, 08 Juni 2017

8 Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan

Tidak banyak yang tahu, bahwa manfaat jantung pisang ini sangat banyak, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika diolah dengan baik, ada banyak sekali masakan yang dapat dibuat dengan menggunakan jantung pisang ini, seperti tumis jantung pisang, gulai jantung pisang, abon jantung pisang, dll.

 Manfaat Jantung Pisang


Apabila dilihat lebih dalam, ada banyak sekali nutrisi yang ada dalam jantung pisang ini, antara lain kalori, protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, Vitamin B1, vitamin C, aneka mineral (seperti fosfor, zat besi, kalsium, dll). Menilik dari banyaknya kandungan zat yang ada dalam jantung pisang ini, membuat bahan yang satu ini baik untuk dikonsumsi. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan Anda peroleh jika mengkonsumsi bahan yang satu ini, antara lain :

1. Dapat menjaga suasana hati

Jantung pisang kaya akan kandungan magnesium, dimana salah satu manfaatnya adalah membantu mengatasi sistem kimia tubuh dan meningkatkan mood, ini juga yang dapat menurunkan stres secara alami.

2. Mencegah dan mengatasi sembelit

Anda tentu pernah mengalami sembelit, atau susah BAB, penyebabnya tidak lain adalah kurangnya kandungan serat dalam tubuh. Ada banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi jantung pisang. Jantung pisang ini kaya akan kandungan serat, terutama serat tidak larut, yang baik untuk sistem pencernaan Anda. Ini yang membuat sistem pencernaan Anda semakin baik.

Selain baik untuk sistem pencernaan, kandungan serat ini, dapat mempertahakan pH atau kadar keasaman di dalam usus, hal ini baik untuk mengatasi serta mencegah kanker usus.

Mengkonsumsi jantung pisang juga membuat proses pengosongan perut lebih lambat, atau dengan kata lain, Anda akan merasa kenyang lebih lama. Ini juga yang membuat Anda tidak makan secara berlebihan.  Makanan ini juga baik untuk Anda yang sedang melakukan proses diet.

3. Mampu mengatasi diabetes

Mengkonsumsi jantung pisang secara berkala juga dapat mengatasi masalah diabetes. Adanya kandungan serat dan hal-hal lainnya membaut tubuh mampu mengontrol kandungan gula dalam darah, ini juga yang membaut hormon insulin bekerja dengan baik.

4. Mengatasi serta mencegah infeksi dan peradangan dalam tubuh

Jantung pisang ini juga kaya akan kandungan anti inflamasi, dan juga anti bakteri. Seperti diketahui bersama kandungan ini, mampu mengatasi masuknya berbagai macam bakteri dan peradangan yang ada pada tubuh. Ini juga yang mampu mengatasi beberapa macam penyakit, seperti infeksi jamur, maag, radang sendi, dll.

5. Mampu mengatasi anemia

Adanya kandungan zat besi yang ada dalam bahan yang satu ini, tentunya mampu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan ini, juga akan mencegah Anda terkena anemia, atau kekurangan sel darah merah.

6. Dapat meningkatkan produksi ASI

Mengkonsumsi jantung pisang secara berkala juga dapat membantu Anda meningkatkan produksi ASI. Kandungan serat, serta kandungan lainnya akan membantu Anda dalam meningkatkan produksi ASI dengan baik, tidak hanya itu, mengkonsumsi jantung pisang ini juga dapat mengatasi morning sicness, serta mempercepat proses penyembuhan luka pasca melahirkan.

7. Dapat menangkal radikal bebas

Kandungan ekstrak etanol yang ada pada jantung pisang membuat makanan ini dapat dijadikan sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh. Sepeti diketahui bersama, antioksidan berguna untuk menjaga berbagai macam kerusakan pada tubuh, termasuk menjaga kerusakan sel-sel dalam tubuh, dll.

8. Mengatasi pendarahan selama menstruasi

Ketika menstruasi tiba, banyak wanita yang menderita rasa sakit yang berlebihan. Selain itu kondisi ini tentunya mengganggu kondisi psikis. Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah, Anda cukup mengkonsumsi jantung pisang.  Untuk memperoleh manfaat jantung pisang, Anda cukup mengkonsumsi jantung pisang yang dimasak dengan yoghurt, kandungan ini akan meningkatkan kadar progesterone dalam tubuh.

Artikel Terkait

Disini admin bertujuan untuk memberi informasi yang bermanfaat hanya di www.ngalir.com 


EmoticonEmoticon