Kamis, 08 Juni 2017

Cara Menggendong Bayi Dengan Benar

Mengetahui cara menggendong bayi dengan benar ketika bayi baru dilahirkan. Membuat kesehatan bayi jadi lebih aman. Banyak sekali orang yang tidak mengetahui bagaimana cara menggendong bayi yang baru saja dilahirkan, salah menggendong, akan membuat kesehatan bayi jadi terganggu. Ketika bayi baru saja dilahirkan, kemampuan otot leher dan juga sistem motoriknya masih lemah, itu sebabnya bayi belum mampu mengendalikan kepalanya. Lalu bagaimana cara menggendong bayi yang baru saja dilahirkan :

 Cara Menggendong Bayi dengan Benar


Teknik menggendong 

Untuk Anda yang baru saja menjadi orang tua, atau untuk Anda yang ingin belajar menggendong bayi, maka ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Gendongan yang baik, selain membuat bayi menjadi nyaman, sekaligus akan mempererat ikatan antara bayi dan juga orangtua. Ketika bayi telah berusia 1 hingga 2 bulan, maka bayi, baru dapat mengangkat kelapa, ketika dalam posisi tengkurap. Berikut ini adalah beberapa teknik menggendong bayi yang baru saja dilahirkan :

- Menimang Menimang adalah salah satu teknik menggendong yang paling umum, dan biasa dilakukan. Cara melakukannya juga tidak terlalu sulit, yaitu ambil bayi yang sedang berbaring terlentang. Letakkan salah satu tangan tepat di bawah leher dan kepala bayi, tangan lainnya menopang tubuh dan bokongnya.

 Ketika mengangkat bayi, usahakan agar bayi merasa nyaman. Pastikan posisi kepala dan juga leher berada di bagian lengan bagian dalam, ketika saat menggendong. Agar bayi merasa lebih nyaman, lakukan gerakan mengayun secara perlahan, dengan lakukan teknik tatap antara Anda dan juga bayi, hal ini akan semakin mempererat antara hubungan orang tua dan juga bayi.

 - Menggendong sambil memeluk 

 Posisi menggendong sambil menyusui, biasanya dilakukan pada saat menyusui. Caranya adalah dengan meletakkan salah satu tangan untuk membawa kepala dan juga leher bayi. Tangan lainnya digunakan untuk menopang bokong dan juga tubuhnya. Pastikan posisi bayi vertical sejajar dengan tubuh Anda.

 Posisi seperti ini juga dapat Anda gunakan untuk menempatkan bayi di atas dada. Dengan menggunakan teknik ini, bayi dapat merasakan detak jantung orang tuanya, dan ini yang akan membuat bayi merasa nyaman. Namun tetap perhatikan kepala dan juga leher, pastikan hidungnya terbuka, agar dapat bernafas dengan baik.

 - Menggendong ketika posisi tengkurap 

 Teknik menggendong bayi dengan posisi tengkurap ini dapat dilakukan ketika bayi sedang rewel. Caranya adalah dengan meletakkan kepala dan leher di salah satu tangan, dengan posisi lengan bagian dalam, dan ujung telapak tangan yang menopang tubuh bayi dari bawah . Pastikan wajah bayi tidak tertutup, terutama bagian hidung, agar bayi dapat bernafas dengan baik. Sementara tangan lainnya dapat Anda gunakan untuk menepuk punggung bayi.

 - Menggendong ketika sedang menyusui

 Menggendong bayi ketika sedang menyusui, sebenarnya dapat dilakukan baik dalam posisi duduk, atau dalam posisi berdiri. Caranya adalah dengan meletakan kepala dan juga leher pada salah satu lengan. Sementara lengan lainnya untuk menyanga bagian bokong. Agar terasa semakin nyaman, sebaiknya Anda menggunakan penyangga seperti bantal, yang diletakan di lengan bagian dalam. Dekatkan bayi, ke arah payudara tepat ketika sedang menyusui.

 - Jangan mengguncang bayi 

Ketika menggendong bayi yang baru saja dilahirkan, Anda sebaiknya tidak mengguncang bayi tersebut. dengan adanya guncangan yang kuat ini, akan menyebabkan pedarahan di otak. Hal ini lebih dikenal dengan sebutan SBS atau Shaken Baby Syndrome. Yang dimaksud dengan mengguncang disini, termasuk melempar bayi, dan mengayun terlalu keras. Demikian ulasan tentang cara menggendong bayi dengan benar, semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait

Disini admin bertujuan untuk memberi informasi yang bermanfaat hanya di www.ngalir.com 


EmoticonEmoticon