Kamis, 26 April 2018

Keutamaan Keberadaan Komputer IAS

Beberapa hal yang menjadi keutamaan keberadaan komputer IAS (Computer of Institute for Advanced Studies). sebelum mengetahui keutamaan nya mari kita tahu komponen komponen komputer IAS ini.




Komputer ini terdiri :


  • Memori Paling Sangat Utama, Yang berguna menyimpan seluruh data maupun instruksi.
  • Arithmetic Logic Unit (ALU), berfungsi untuk mengelola data biner.
  • Control Unit, bertugas melakukan interpretasi dan ada instruksi di memori sehingga adanya eksekusi instruksi tersebut.
  • I/O, untuk berakttivitas secara memilih di lingkungan luar.
Memori IAS masing masing terdiri dari 1.000 tempat lokasinya penyimpanan yang biasa disebut word. Word ini terdiri 40 binary digit (bit). Data serta maupun dari instruksinya dilakukan penyimpanan di dalam memori ini, jadi data maupun instruksi yang ada harus di kodekan dalam bentuk biner. Format memori terlihat pada gambar di bawah setiap yang mempunyai bilangan terdiri dari bit tanda dan 39 bit nilai. Sebuah Word menunjukan terdiri dari 20 bit instruksi dengan masing – masing 8 bit kode operasi (op code) dan 12 bit alamat.


Ada 2 tahapan yang akan dilakukan antara sebuah prosesor dengan memori:


a.   Read  = Prosesor akan  mencari alamat data melalui bus alamat kemudian mengirim alamat ke prosesor melalui bus interkoneksikemudian dibaca oleh prosesor.


b.   Write  = Bus alamat sebagai tempat menyimpan (atau sebagai buku alamat) akan mencari letak alamat pada memori, kemudian melalui Bus Interkoneksi,prosesor menulis data ke memori 




Keutamaan Keberadaan Komputer IAS 

Dapat di simpulkan keutamaan komputer IAS yaitu sangat penting untuk menyimpan dalam jumlah besar karena penyimpanan komputer IAS ini sangat cocok digunakan oleh perusahaan perusahaan besar yang menyimpan data dengan kapasitas banyak yang dengan komputer biasa tidak bisa menampung.

Itulah Jawaban keutamaan komputer IAS semoga bermanfaat bagi kalian yang lagi cari cari ini biasanya dalam pelajaran Arsitektur Komputer atau pelajaran lainnya janganluap di share ke teman kalian ya.






Artikel Terkait

Disini admin bertujuan untuk memberi informasi yang bermanfaat hanya di www.ngalir.com 


EmoticonEmoticon