Selasa, 01 Mei 2018

Apa Perbedaan KFC dan AW

Chicken VS Root-beer: Perbedaan KFC dan AW

Perbedaan KFC dan AW tidak terlihat begitu jelas sebagai akibat dari kemiripan menu yang dimiliki. Apalagi keduanya sama – sama menyediakan menu fast food dengan target konsumen utama yaitu keluarga.   




Root-beer A&W, Chicken KFC


Dari kedua gerai makanan cepat saji ini, yang paling membedakan adalah menu khas masing – masing. A&W sangat terkenal dengan root – beer-nya yang khas. Sementara KFC setia dengan tagline “jagonya ayam.” Dengan kata lain, menu utama KFC yang sebenarnya adalah ayam goreng, baik itu dalam bentuk original maupun crispy.
KFC menggarap target konsumen keluarganya dengan lebih matang apabila dibandingkan dengan A&W. Apabila berkunjung ke restoran KFC yang agak besar, akan ditemukan playground untuk anak – anak. Meskipun berukuran mini, tapi cukup untuk membuat anak – anak merasa nyaman untuk bermain perosotan maupun ayunan. KFC juga menyediakan gimmick seperti figurine superheroes bagi yang memesankidz meal. Bagi konsumen dewasa, KFC menyediakan paket menu yang di-bundle dengan CD/DVD KFC Hits.
A&W di sisi lain sepertinya lebih ingin menyasar ke target anak muda. Apalagi dilihat dari menu yang disajikan seperti root – bear, fried fries, dan burger. A&W juga lebih sering dijumpai di mal – mal yang identik sebagai jujugan anak muda.


Menu KFC vs A&W


Dilihat sekilas, maka menu yang disajikan kedua restoran ini nampak mirip. Tetapi diteliti lebih jauh, beberapa perbedaan dapat ditemukan, antara lain:


1. Seperti KFC, A&W juga menyediakan menu berupa ayam goreng. Tetapi, KFC tidak menyediakan menu root-beer. Berikut beberapa perbedaan ayam goreng KFC dan A&W:


☑ Dari segi ukuran, ayam goreng KFC lebih besar, terutama ayam crispy yang berbalut dengan tepung. Sementara ayam goreng A&W berukuran lebih kecil dengan baluran tepung yang lebih tipis.

☑ Dari segi rasa, ayam goreng KFC memiliki lebih banyak varian mulai dari original, pedas, hingga yang terbaru dengan telur asin. Sementara ayam goreng A&W lebih konvensional dengan rasa original dan lada hitam.

2. Selain root – beer, A&W juga terkenal dengan menu waffle aneka topingnya. Bahkan A&W mengembangkan menu baru yang dinamakan dengan all day breakfast waffles yang dilengkapi dengan ayam, ikan, daging, dan juga telur. Meskipun tertulis sebagai untuk sarapan, menu ini dapat dipesan hingga sore menjelang.  


Sementara di KFC, menu waffle hanya tersedia dari pukul 06.00 hingga pukul 10.00 pagi karena waffle masuk dalam kategori breakfast menu. Selepas periode waktu tersebut, waffle akan ditarik dan diganti dengan menu reguler khas KFC.


3. KFC dan A&W pun sama – sama mengeluarkan menu khas Amerika, yaitu burger. Di KFC burger lebih dianggap sebagai side dish sehingga ukurannya lebih kecil dan harganya juga tergolong murah. Variannya pun hanya ada dua, yaitu chicken burger dan fish burger. Sementara di A&W, burger masuk dalam kategori main dish sehingga ukurannya lebih besar dan juga dilengkapi dengan fried fries alias kentang goreng. Harganya tentu lebih mahal.


4. Menu oriental yang disajikan oleh keduanya juga berbeda. Jika A&W menyediakan Japanese curry rice bowl dengan toping ayam, udang, atau ikan, maka KFC menyediakan menu khas chicken yakiniku. Meski sama – sama dari Jepang, tetapi keduanya memiliki cita rasa yang tidak sama. Curry cenderung lebih gurih, sementara yakiniku memiliki citarasa agak manis. Menu oriental ini melengkapi perbedaan KFC dan AW.   

Artikel Terkait

Disini admin bertujuan untuk memberi informasi yang bermanfaat hanya di www.ngalir.com 


EmoticonEmoticon