Senin, 04 Juni 2018

Fungsi Control Line Pada Jalur Bus

Ngalir.com Ada Soal seperti ini jelasakan fungsi dari Control Line pada jalur bus ketika prosesor membutuhkan pengkasesan data pada RAM dan berikan beberapa alasan yang mengakibatkan ditolaknya permohonan akses tersebut.

 Data Bus

 Yaitu Jalur untuk perpindahan data dari komputer melalui modul. pasal terhadap suatu saat terdefinisi jelas masing-masing saluran cuma bisa membawa 1 bit data, tersebutkan hitungan saluran mematokkan hitungan bit yang bisa ditransfer terhadap suatu saat. Lebar data bus ini mematokkan kinerja proses secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, maknanya CPU bisa membaca serta menirma data melewati data bus ini. Data bus kebiasaannya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

Control Bus

 Control Bus dipakai buat mengendalikan pemakaian dan akses ke Data Bus serta Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.


Processor

Processor ialah komponen yang bertugas memproses perintah serta logika yang diberikan oleh operator komputer

ORGANISASI KOMPUTER DASAR
 Organisasi Komputer menyidik jauh area yang terhubung dengan unit unit operasional komputer serta kaitan antara komponen proses komputer contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori 

  • Struktur komputer ialah metode komponen - komponen komputer saling terhubung serta berhubungan 
  • Fungsi komputer ialah operasi masing masing komponen sebagai area dari struktur
Dari asal katanya “to compute” komputer bermakna alat penghitung. nyatanya kini
komputer tidak cuma bermanfaat sebagai alat hitung saja tapi telah meluas fungsinya.

Cara kerja sesuatu komputer bisa dideskripsikan secara sederhana dengan diagram
blok sebagai berikut :
 



Secara umum masing-masing area bisa kita rinci sebagai berikut :




1. Input Device


Input device ialah peralatan yang kita gunakan buat memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. misal :

• keyboard
• mouse
• scanner

2. Output Device

Output device ialah peralatan yang kita gunakan buat menatap result pengolahan data atau perintah yang dilaksanakan oleh komputer. misal :
• monitor

3. I/O Ports

I/O ialah Input/Output. area ini dipakai buat mendapat maupun mentransfer data keluar proses. Peralatan-peralatan input serta output layaknya yang tercantum di atas terkait melewati port ini
4. Central Processing Unit
Central Processing Unit (CPU) merupakan otak proses komputer. CPU memilikidua area guna operasional yaitu Arithmetical Logical Unit (ALU) sebagai pusat pengolah data dan area Control Unit (CU) dipakai buat mengendalikan kerja komputer. Biasa dikatakan dengan nama processor saja.

5. Memory

Bagian ini terdiri dari internal memory yaitu berbentuk RAM (Random Access Memory) serta ROM (Read Only Memory) dan eksternal memory yaitu beragam macam disk layaknya hard disk, floppy disk serta optical disc.

6. Data Bus

Data bus ialah jalur-jalur perpindahan data antarmodul dalam proses komputer. kebiasaannya terdiri dari 8, 16 , 32 atau 64 jalur data yang paralel. pasal terhadap suatu saat terdefinisi jelas masing-masing saluran cuma bisa membawa 1 bit data, tersebutkan hitungan saluran mematokkan hitungan bit yang bisa ditransfer terhadap suatu saat. Lebar data bus ini mematokkan kinerja proses secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, contohnya CPU bisa membaca dari memory atau port serta bisa juga mentransfer ke memory atau port

7. Address Bus

Address Bus dipakai buat menandakan lokasi asal pati maupun sasaran terhadap sistem transfer data. terhadap jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau dibaca. Address Bus kebiasaannya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur paralel. Lebar Address Bus mematokkan kapasitas memory maksimum proses. Sebagai misal jika CPU memiliki Address Bus 20 bit tersebutkan CPU bisa mengalamatkan 220 atau 1048576 alamat (1 MB).

8. Control Bus

Control Bus dipakai buat mengendalikan pemakaian dan akses ke Data Bus serta Address Bus. Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan sinyal terhadap control bus ini jika akan meng-enable sesuatu alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau I/O port


Itulah Jawaban Fungsi Control Pada Jalur Bus semoga kalian pelajar ataupun mahasiswa yang sedang mencari artikel ini di google tercerahkan ya.

Artikel Terkait

Disini admin bertujuan untuk memberi informasi yang bermanfaat hanya di www.ngalir.com 


EmoticonEmoticon