Pengertian Jaringan Komputer Lengkap

 Ngalir.com Pada kesempatan bagus ini admin akan memberikan informasi apa sih Pengertian Jaringan Komputer , Jaringan Komputer merupakan sekelompok komputer otonom yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya memakai protokol komunikasi melewati media komunikasi dan akhirnya dapat saling berbagi informasi, program-program, make Bersama sama seperti pemakaian perangkat keras printer, harddisk, dan sebagainya. Selain hal tersebut jaringan komputer dapat diartikan sebagai kelompok sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai tempat yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.



Apasih Tujuan Jaringan Komputer 

Tujuan dibangunya sebuah jaringan komputer ialah membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari segi pengirim (transmitter) mengarah dari  sisi penerima (receiver) melewati media komunikasi. Ada sejumlah hal yang masih dirasa menjadi kendala, yakni : 1. Masih mahalnya kemudahan komunikasi yang terdapat dan bagaimana memanfaatkan jaringan   komunikasi yang terdapat secara efektif dan efisien. 

2. Jalur transmisi yang dipakai tidak benar – benar bebas dari masalah    gangguan (noise). 

Apasin Manfaat dari Jaringan Komputer
Manfaat yang didapat dalam membuat sebuah aringan komputer, yakni :

1. Sharing resources Sharing resources bertujuan supaya seluruh program, perlengkapan atau peripheral lainnya bisa dimanfaatkan oleh masing-masing orang yang terdapat pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh tempat maupun pengaruh dari pemakai.

2. Media Komunikasi Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pemakai, baikguna teleconference maupun guna mengirim pesan atau informasi yang urgen lainnya.


3. Integrasi Data Jaringan komputer dapat menangkal ketergantungan pada komputer pusat, sebab setiap proses data tidak mesti dilaksanakan pada satu komputer saja,tetapi dapat didistribusikan ke lokasi lainnya. Oleh karenaitu inilah jadinya bisa terbentuk data yang terintegrasi yang mempermudah pemakai untuk mendapat dan mengubah informasi masing-masing.

4. Pengembangan dan Pemeliharaan Pengembangan perlengkapan dapat dilaksanakan dengan gampang dan menghemat biaya,sebab setiap pembelian komponen laksana printer, maka tidak perlu melakukan pembelian printer sebanyak komputer yang kita punya tetapi hanya 1 peinter bias di pakai semua computer secara bareng. Jaringan komputerpun memudahkan pemakai dalam mengasuh harddisk dan perlengkapan lainnya, contohnya untuk menyerahkan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai lumayan memusatkan perhatian pada harddisk yang terdapat pada komputer pusat.


5. Keamanan Data Sistem Jaringan Komputer dapat menyerahkan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan penataan hak akses untuk para pemakai, serta kiat perlindungan terhadap harddisk sampai-sampai data menemukan perlindungan yang efektif. 

Itulah Pembahasan tentang Pengertian Jaringan Komputer , Semoga Artikel ini bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari informasi mungkin lagi ngerjain tugas atau apa , okee terimakasih.

 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel