Manfaat Makanan Berserat Mencegah Berbagai Penyakit

Ngalir.com, Makanan yang sehat sangat perlu untuk tubuh kita apalagi manfaat makanan berserat untuk mencegah berbagai macam penyakit. Serat adalah bahan makanan yang berasal dari lapisan luar sel tanaman yang tidak dapat di cerna oleh usus halus dan berperan penting dalam kesehatan organ-organ pencernaan. Komposisi serat sebenarnya merupakan tipe khusus karbohidrat yang kita kenal sebagai sumber utama energi tubuh. Hanya tumbuhanlah yang memproduksi serat, produk-produk hewan tidak memiliki serat. Pada tumbuhan, serat membentuk dinding sel tanaman yang berfungsi memberi kerangka dan arsitektur tanaman. Dengan Struktur yang kompak dan padat ia dapat melindungi bagian penting dari tanaman yang kaya akan nutrisi zat tepung, vitamin, dan mineral, selain juga dapat melindungi embrio bakal calon tanaman.




Serat sendiri terdiri atas dua jenis. Setiap jenisnya memiliki kegunaan masing-masing. Ada serat yang larut dalam air dan adapula yang tidak. Serat yang tidak larut air terutama berasal dari komponen yang membentuk dinding tanaman. Yang termasuk serat dalam jenis ini contohnya adalah selulosa, lignin, dan hemiselulosa. Fungsi serat yang tidak larut air adalah membuat feses menjadi lembek tidak keras, memperbesar ukuran feses, serta mengurangi kekuatan mengejan saat buang air besar yang pada akhirnya membuat buang air besar lancer. Sementara itu, serat larut dalam air berperan dalam mengendalikan metabolism kimiawi dalam tubuh, contohnya adalah gums dan mucilages. Serat jenis ini dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah dengan mengikatnya agar tidak di serap oleh usus halus sehingga baik untuk penderita yang memiliki kolestrol darah tinggi.

Baik serat yang larut atau tidak larut dalam air, keduanya memberi isi dan membuat lembek feses. Serat yang tidak larut air relative tidak berubah setelah melewati usus, sedangkan serat larut air menjadi tekstur seperti jelly. Keduanya membuat feses mudah untuk di keluarkan. 


Apa saja keuntungan serat? Serta ternyata dapat mengobati dan mencegah berbagai penyakit, di antaranya adalah :


1. Mencegah dan mengobati kontipasi


Serat akan menyerap air lebih banyak sehingga membuat feses menjadi lebih lembek dan mudah dikeluarkan dengan syarat kita minum banyak air yaitu delapan gelas air putih per hari. Meningkatkan konsumsi serat akan mengobati konstipasi ( Sembelit) dalam hitungan jam sampai hari. Tetapi, karena konstipasi mempunyai banyak sebab lain, bila terjadi konstipasi yang tidak sembuh setelah mengonsumsi serat maka perlu segera konsultasi dengan dokter.

Tubuh kita perlu  waktu untuk mencerna makanan dari mulai saat makanan masuk mulut sampai di keluarkan, yaitu pada laki-laki rata-rata 31 jam sedangkan wanita 39 jam, tetapi hal ini bervariasi pada setiap orang tergantung pada tipe kepribadian, keadaan pikiran, aktivitas fisik, dan intake serat. Intake serat yang tinggi akan mempercepat proses ini.



2. Mencegah wasir


Wasit atau ambeien adalah penyakit pada daerah anus berupa perubahan bantalan pembuluh dara daerah dubur. Hal ini terjadi akibat bendungan pembuluh darah, dan bila bendungan pecah keluarlah darah segar saat buang air besar. Yang menjadi penyebab wasir banyak, seperti adanya factor keturunan, tekanan dalam perut yang besar, kehamilan, jenis pekerjaan tertentu, kurang minum, dan yang paling penting serta banyak terjadi adalah kurang makan serat.

Akibat kurang makan serat feses menjadi keras dan menimbulkan penekanan pada daerah bantalan tersebut dan terjadilah bendungan. Terlebih lagi dengan feses yang keras akibat kurang makan serat, kita akan mengejan sekuatnya untuk mengeluarkan feses. Bendungan pembuluh darah akhirnya pecah keluarlah darah segar saat buang air besar.

Gejala wasir diantaranya pendarahan dari dubur, menetes sampai memancar, darah berwarna merah muda atau segar, tidak terasa sakit, ada sesuatu benjolan yang keluar dari dalam dubur setelah buang air besar, rasanya serasa belom tuntas untuk membuang pup ini, dan pasti akan merasakan gatal sekitar dubur karena mungkin iritasi yang di alami berupa benjolan prolapse yang bias masuk bila dibantu dimasukan. Penjolan yang tidak dapat dimasukan, bercak-bercak flek pada celana dalam, rasa nyeri akibat gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah ( Wasir yang terjepit). Dengan Mengonsumsi serat akan membuat feses menjadi lembek dan memudahkan buang air besar. Feses mudah lewat dan mengurangi kekuatan mengenjan atau ngeden sehingga resiko wasir terminimalisir.

3. Mencegah penyakit jantung coroner

Dengan megonsumsi makananan serat, terutama serat yang larut dalam air, bermanfaat untuk mengikat kolestrol, asam lemak berlebih dari partikel lain dalam makanan yang akhirnya dibuang Bersama fases

Itulah Manfaat Mengkonsumsi Makanan Berserat bisa mencegah berbagai macam penyakit penyakit tertentu semoga artikel ini bermanfaat ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel