Daftar Jenis Peluang Kerja Jurusan RPL

Ngalir.com - jurusan RPL merupakan jurusan yang mempelajari tentang perangkat lunak yang meliputi pengembangan perangkat lunak dan hal lain yang berhubungan dengan itu. Banyak yang bertanya kemana siswa jurusan RPL akan melanjutkan pekerjaannya karena secara umum jurusan RPL memang belum familiar dibandingkan jurusan seperti teknik mesin, otomotif dan lain-lain. Meskipun demikian, jurusan RPL memiliki banyak pilihan jenis pekerjaan yang bisa didapatkan setelah selesai pendidikan di SMK dan berikut daftar jenis peluang kerja jurusan RPL yang terhitung sedang populer di jaman sekarang.



Programmer


Daftar jenis peluang kerja jurusan RPL yang pertama ada programmer yang dimana saat ini banyak sekali tersedia lapangan pekerjaan untuk programmer. Programmer sendiri memiliki job desk yang beragam mulai dari merancang atau membuat software/perangkat lunak, melakukan coding, melakukan testing kepada software yang dibuat dan masih banyak lagi. Intinya pekerjaan sebagai programmer adalah yang berhubungan langsung dengan sebuah program atau software. Tentu banyak siswa dari jurusan RPL berkeinginan menjadi seorang programmer yang terampil dan handal.

Peluang kerja programmer memang banyak ditemukan namun tidak sembarangan untuk bisa menjadi seorang programmer yang artinya butuh keahlian yang benar-benar mumpuni dan siap mental yang kuat dan siap menghadapi masalah. Jenis peluang kerja sebagai programmer memang sedang marak dan populer mengingat perkembangan teknologi dan jaman yang makin meningkat membuat banyak muncul programmer yang handal yang mampu membuat sebuah inovasi, mampu menyelesaikan segala pekerjaan di bidangnya dan mampu bersaing secara sehat dengan programmer lain.

Web Engineers


Web engineer merupakan pekerjaan yang saat ini juga makin banyak juga makin berkembang dan termasuk dalam daftar jenis peluang kerja jurusan RPL. Web engineer sering juga disebut web designer atau web developer yang dimana inti pekerjaannya sama. Tugas dari web engineer tentunya juga tidak jauh dari pengelolaan web namun bedanya web engineer bukan hanya mengelola namun juga mendesain web, membuat script, menyusun markup. Jadi pekerjaan web engineer bukan hanya sekedar mengelola web namun dibalik web yang dikelola tersebut merupakan hasil karyanya.

Web engineer dijaman teknologi yang semakin maju ini banyak dibutuhkan dan banyak juga dicari oleh siswa jurusan RPL karena memang termasuk dalam peluang kerja yang sangat menjanjikan. Hal itu tak terlepas dari peran sebuah web sendiri yang terus mengalami perkembangan yang membuat pekerjaan sebagai web engineer atau web designer banyak dibutuhkan. Dalam pekerjaan ini tentu dituntut untuk mempunyai keahlian, teliti dan disiplin dan juga sanggup menerima banyak tanggung jawab yang besar. Intinya pekerjaan ini banyak dibutuhkan namun juga memerlukan kriteria yang mumpuni.

Software Engineer


Software engineer memang dikaitkan atau disamakan dengan programmer yang dimana tugasnya sama-sama membuat dan memprogram sebuah software. Hal itu memang benar namun software engineer dan juga programmer tidaklah sama. Dalam hal pekerjaan, yang membedakan keduanya adalah soal tugas kerja yang dimana software engineer memiliki tugas kerja yang lebih besar dari programmer. Merancang atau membuat software sesuai dengan permintaan merupakan programmer sedangkan merancang software dengan segala kreativitas yang ada merupakan software engineer.

Daftar jenis peluang kerja jurusan RPL sebagai software engineer memang bisa dikatakan setingkat lebih tinggi dibandingkan programmer. Meskipun demikian keduanya tetap banyak dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing perusahaan atau tempat kerja. Untuk menjadi seorang software engineer dibutuhkan keahlian, mental yang kuat dan dapat tenang dalam semua tekanan karena tuntutan pekerjaan, pikiran yang selalu fresh setiap saat, dan juga kreativitas yang tinggi. Itulah kriteria yang dibutuhkan oleh para siswa jurusan RPL yang ingin menjadi seorang software engineer.

Game Developer


Pekerjaan sebagai game developer merupakan sebuah impian bagi orang-orang yang suka bermain video game. Developer game merupakan pekerjaan untuk membuat sebuah karya berbentuk game yang secara singkat diartikan sebagai membuat game. Tentu pekerjaan ini bisa didapatkan oleh para siswa di jurusan RPL karena membuat sebuah game dibutuhkan kemampuan seperti coding yang tentunya merupakan keahlian dari jurusan RPL. Sekarang membuat game tidak hanya untuk konsol seperti playstation, pc, xbox namun juga game di android atau smartphone. Tentu platformnya lebih luas dibandingkan dulu.

Game developer salah satu daftar jenis peluang kerja jurusan RPL yang banyak diminati namun kriterianya memang sedikit tinggi yang artinya adalah keahlian, kreativitas dan pengetahuan harus benar-benar matang. Namun bagi yang ingin masuk dan berkecimpung dalam dunia pembuatan gane akan berusaha keras untuk bisa mewujudkannya karena pekerjaan ini juga merupakan salah satu yang sangat populer dan sangat menjanjikan. Untuk menjadi game developer bisa dengan ikut atau bergabung dalam sebuah perusahaan atau tempat kerja dan bisa juga dilakukan secara individu jika memang yakin untuk melakukannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel