SMK TKJ Berpotensi Tinggi Bekerja, Lihat Yuk!

Ngalir.com - sekolah Menengah Kejuruan memang semakin tahun semakin banyak peminatnya karena alasan seusai lulus bisa langsung bekerja di tempat yang sesuai harapan. Untuk kamu yang masuk ke jurusan TKJ bisa menoleh ke Daftar Jenis Peluang kerja Jurusan TKJ di bawah ini agar kamu tidak kebingungan. Potensi jenis pekerjaan di bawah ini juga ternyata bisa menumbuhkan bakat kamu lebih dalam lagi lho! Tak sedikit pula dari temen-temen kamu yang berhasil kuliah dengan ongkos sendiri melalui tempat kerja yang sebelumnya.

Kumpulan Daftar Peluang Kerja Jurusab TKJ


1. Membuka Jasa Service


Apabila kamu yang sehabis lulus mencoba berani membuka service komputer memang cukup dinilai bermental kuat dan berani karena kamu harus bermain dengan hardware atau komponen penyusun laptop atau komputer. Dalam kondisi pemula tentunya ada perasaan khawatir kalau saja komputer yang sedang kamu pegang malah menjadi semakin rusak. Namun, bisa kamu atasi dengan join dengan teman yang telah berpengalaman dahulu sebelum berani membuka jasa mandiri. Ada hal yang sering terjadi adalah CPU yang sering nge hang, kalau semacam ini kamu bisa memperbaiki dengan mandiri tetapi jika ada hal yang lebih sulit bekerjasamalah dulu dengan yang sudah ahli di bidangnya.

2. Les Privat Komputer


Peminat les komputer memang masih sedikit karena kebanyakan pelajaran komputer hanya sebagai ekstra bukan pokok. Namun, kamu tidak perlu berkecil hati, lulusan SMK TKJ yang membuka les komputer telah memperluas materi hingga ke arah pemrograman. Sehingga, ada banyak peminat yang tidak hanya satu materi saja. Misalkan, kamu bisa menambah bonus pelajaran desain yang berguna untuk cetak undangan, kartu nama, atau desain banner. Dari setiap pelajaran yang kamu ajarkan bisa dibandrol sesuai materi yang diberikan. cukup lumayan untuk satu murid saja per dua hingga tiga materi mencapai tarif Rp. 400.000/bulan. Di sini kamu hanya perlu kreatif mencari mangsa atau murid saja.

3. Jasa Instal Ulang Smartphone


Instal ulang smartphone atau nge-flash adalah hal yang sering dilakukan karena terkadang smartphone yang mati mendadak dan data hilang kemungkinan mengidap virus atau komponennya terkena air dan lembab. Di sini kamu juga butuh peralatan untuk nge-flash, selebihnya kamu bisa mengoperasikan dengan keahlian dari SMK. Daftar Jenis Peluang kerja Jurusan TKJ semacam ini strategis sekali untuk kawasan padat mahasiswa dan pelajar. Tarif yang biasa dibanderol sekitar Rp. 30.000 setiap kali nge-flash.

4. Jasa Instal Program


Kamu tentunya pernah diajari ketika masih sekolah tentang memasukkan berbagai program atau software ke komputer bukan? Setiap software yang kamu masukkan bisa menjadi ladang rupiah yang prospek lho!

Apalagi kamu mampu menginstal ulang komputer dari awal hingga akhir, biasanya dibandrol dengan tarif Rp. 50.000 – Rp. 100.000. Akan tetapi, kamu tidak boleh melakukan bisnis curang artinya instalan yang diberikan hanya bertahan selama beberapa bulan selebihnya kamu akali konsumen agar datang kembali ke kamu. Mungkin sah-sah saja namun akan mencoreng jasa komputer dan akan lari ke tempat lain. 

5. Toko Komputer


Bekerja di Toko Komputer menjadi salah satu jalan untuk kamu menimba ilmu lebih banyak lagi, misalnya cara memasarkan, cara melayani konsumen, cara menghitung keuangan dan jasa menyervis. Semakin kamu mahir dalam memahami dan tekun maka gaji yang kamu peroleh semakin banyak tentunya karena bos kamu akan percaya dengan kinerja kamu. Apalagi dengan bekal ilmu komputer yang kamu peroleh saat di SMK, bisa menjelaskan spesifikasi produk kepada konsumen dan akhirnya mereka putuskan untuk membeli di toko kamu.

Lulusan SMK TKJ prospek sekali ketika ingin melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi demi meraup ilmu lebih dalam lagi. Walaupun komputer itu luas sekali cakupan ilmunya, tetapi semakin banyak kamu menimba ilmu maka kesempatan berkarir semakin cantik. Ada satu lagi Daftar Jenis Peluang kerja Jurusan TKJ yang sedang tren yaitu menjadi proktor dan teknisi untuk Ujian Berbasis Komputer, di Indonesia masih sangat banyak membutuhkan tenaga semacam ini lho, kamu bisa masuk ke dalamnya dan simsalabim sekolah akan membutuhkan kamu di waktu yang lama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel