4 Cara Menambah Massa Otot Untuk Wanita Secara Efektif

Ngalir.com - membangun massa otot untuk wanita tentunya tidak semudah membangun massa otot untuk pria. Hal ini lebih disebabkan oleh rendahnya kadar testosterone pada tubuh wanita. Namun jika dibantu dengan gaya hidup yang tepat, dan diiringi oleh latihan rutin, bukan tidak mungkin massa otot dapat dibentuk.

4 Cara Menambah Massa Otot Untuk Wanita Secara Efektif


Berkonsultasi dengan pelatih fisik atau dokter


Hal pertama yang tentunya perlu Anda perhatikan sebagai Cara menambah massa otot untuk wanita, adalah berkonsultasi dengan pelatih fisik atau Physical trainer atau juga dokter. Seperti diketahui bersama latihan untuk meningkatkan massa otot ini membutuhkan kerja keras. Anda yang mempunyai beberapa penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau bahkan stroke, maka jenis latihan yang sebaiknya dilakukan, tentunya berbeda.

Membuat rencana latihan


Ketika bertemu dengan pihak pelatih, Anda akan memperoleh saran yang tepat, tentang bagaimana cara melatih otot. Pada tahap ini, Anda harus menambahkan latihan kekuatan. Dalam rutinitas Anda, seperti rutinitas mingguan. Dalam hal ini, Anda dapat melakukan program latihan kekuatan, seperti angkat beban, dll. Ada juga program latihan kekuatan tubuh total yang seimbang.

Pastikan Anda melakukan latihan secara teratur, dan jangan melakukan latihan kardio secara berlebihan. Latihan kardio selain menguatkan sistem kardiorespirasi, juga mampu meningkatkan kekuatan otot, mengurangi tekanan darah serta mengurangi risiko beberapa penyakit kronis. Untuk latihan seperti ini, Anda dapat melakukan latihan lari jarak pendek selama 20 menit, angkat beban dan yang lainnya.

Olahraga secara rutin


Ketika Anda melakukan olahraga seperti ini, sebaiknya perhatikan dengan baik keuntungan dan kekurangannya, bagaimana cara melakukan olahraga tersebut dengan baik, dan bagaimana cara mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk hal seperti ini, tentunya Anda perlu berkonsultasi dengan pihak pelatih dan juga dokter.

Pada saat Anda melakukan olahraga secara rutin, seperti latihan lari, angkat beban dan yang lainnya, pastikan hal tersebut dilakukan secara perlahan dan secara bertahap.

Dalam cara menambah massa otot untuk wanita seperti ini, Anda juga dapat menargetkan jenis otot tertentu. Dengan demikian, jenis olahraga yang akan dilakukan juga berbeda. Misalnya Anda yang ingin menargetkan kelompok otot utama, atau yang kerap disebut dengan latihan gabungan. Jenis latihannya seperti bench press, yang memfokuskan pada otot dada, trisep, dan juga deltoid. Ada juga latihan isolasi yang menargetkan otot trisep, dll.

Selain itu, ada juga beberapa jenis latihan atau olahraga yang menargetkan bagian tubuh tertentu, seperti pada otot tungkai dan juga bokong. Latihan ini menargetkan otot paha, betis dan juga pinggul. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda akan mencoba melakukan beberapa jenis latihan tertentu, seperti hip extension, leg press, dll.

Akan lain halnya jika Anda ingin memperkuat otot punggung, maka jenis latihan yang dapat dilakukan seperti bent per row, seated row, dll.

Pola makan sehat


Selain dengan berkonsultasi dan melakukan latihan secara rutin. Cara menambah massa otot untuk wanita lainnya adalah dengan menggunakan pola makan yang sehat. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin, dan ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari atau setidaknya dikurangi.

Misalnya saja havermut, ini adalah makanan yang tinggi serat namun rendah kalori. Selain mampu mengurangi rasa lapar, meningkatkan rasa lapar, membuat program olahraga dan pembentukan massa otot jadi jauh lebih mudah.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah mengkonsumsi daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak ini, kaya akan protein yang penting untuk membangun otot. Dalam sistem pencernaan, protein akan terpecah menjadi asam amino yang kemudian digunakan untuk menyusun jaringan otot untuk proses perbaikan dan pemulihan setelah latihan.

Mengkonsumsi susu rendah lemak dan juga telur, juga mampu membantu memberikan nutrisi esensial dan juga protein yang dibutuhkan, guna membangun serta mempertahankan otot. Anda juga dapat menambahkan karbohidrat yang kaya akan nutrisi. Seperti diketahui bersama otot membutuhkan energi, dan hal ini Anda membutuhkan karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat yang dapat dikonsumsi adalah beras merah. Buah dan sayur kaya akan antioksidan yang mampu menjaga tubuh agar tetap sehat, serta kaya akan serat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel