5 Mineral Yang membantu Pertumbuhan Tinggi Maksimal

Ngalir.com - anda tentu mengidamkan tubuh yang tinggi ideal. Manusia biasanya bertumbuh mulai dari masa kanak-kanak hingga dewasa. Pertumbuhan tinggi maksimal manusia terjadi pada usia 20-21 tahun. Dalam kasus kecil, sering kali masih bisa bertumbuh hingga usia 25 tahun.


5 Mineral Yang membantu Pertumbuhan Tinggi Maksimal


Namun saat ini banyak orang dewasa yang menginginkan tumbuh tinggi setelah melewati usia remaja. Celah ini dimanfaatkan oleh industri yang menawarkan berbagai produk vitamin peninggi badan untuk dewasa. Padahal pada kenyataannya, tumbuh tinggi di usia dewasa hanyalah mitos. Oleh karena itu, agar tinggi badan menjadi maksimal pada usia anak-anak hingga remaja perlu untuk memenuhi asupan nutrisi yang baik untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang. Berikut ini 5 mineral yang bisa memaksimalkan pertumbuhan tinggi :

Vitamin B1


Vitamin B1 adalah salah satu vitamin yang paling berpengaruh dalam pertumbuhan tinggi badan. Vitamin ini melancarkan peredaran darah ke organ-organ tubuh sehingga sangat berperan dalam pertumbuhan tinggi tubuh. Disamping itu, vitamin B1 juga berfungsi untuk merawat sistem pencernaan, serta melindungi fungsi hati dan jaringan otak. Banyak sumber vitamin B1 yang bisa anda temukan dalam berbagai bahan makanan seperti kacang, kedelai, roti, daging ayam,dan nasi. Pastikan bahan-bahan tersebut masuk ke dalam menu harian anda pada masa pertumbuhan untuk mendapatkan tinggi maksimal.

Vitamin D


Vitamin D merupakan mineral yang berperan agar tulang dapat tumbuh kuat dan panjang. Vitamin D juga sangat berperan bagi kesehatan dan kekuatan gigi. Vitamin ini juga berperan besar untuk memaksimalkan penyerapan kalsium dan fosfor yang bermanfaat bagi pertumbuhan tinggi badan. Sumber dari vitamin D sendiri bisa didapatkan dari banyak hal seperti sinar matahari di pagi hari, tomat, kentang, susu, buah jeruk, dan kobis. Vitamin D juga menjadi vitamin peninggi badan untuk dewasa yang paling aktif membantu pertumbuhan tinggi  di akhir masa pertumbuhan. Setelah tinggi badan mencapai angka maksimal, vitamin D akan memberikan dampak yang bagus bagi kesehatan rambut orang dewasa.

Vitamin C


Vitamin C merupakan salah satu mineral yang kaya akan manfaat bagi tubuh manusia. Tidak hanya untuk menjaga kondisi tubuh, namun juga berguna untuk menjadi detox bagi racun-racun tubuh. Vitamin C banyak ditemukan pada buah-buahan dengan cita rasa asam seperti jeruk, jambu, anggur, dan kiwi. Pada masa pertumbuhan, vitamin C juga berperan dalam pertumbuhan  tulang dan gigi. Asupan Vitamin C yang cukup pada masa pertumbuhan juga memberikan kekuatan pada tulang dan gigi. Untuk mendapatkan tinggi maksimal, pastikan anda mengkonsumsi buah-buahan segar setiap hari.

Vitamin B2


Vitamin B2 juga sangat berperan pada masa pertumbuhan, terutama ketika usia anak-anak.  Vitamin yang juga dikenal dengan sebutan Riboflavin ini berkontribusi dalam pertumbuhan tulang, rambut, kuku, dan kesehatan kulit. Riboflavin juga memberikan energi tambahan bagi tubuh. Sumber vitamin B2 dapat diperoleh dari sayur-sayuran hijau, daging ikan, susu, dan telur. Memberikan porsi yang cukup banyak dalam menu makanan harian akan sangat efektif memaksimalkan manfaat dari vitamin B2.

Kalsium


Kalsium merupakan salah satu mineral penyusun tulang yang paling penting dalam membentuk struktur dan kekuatan tulang. Tubuh manusia setiap harinya membutuhkan kalsium untuk menjaga kekuatan dan daya tahan tulang. Pada usia pertumbuhan maksimal antara 10-20 tahun, kebutuhan kalsium harian manusia mencapai titik puncaknya. Banyak ahli memaparkan bahwa di usia tersebut, manusia membutuhkan 1300 mg kalsium setiap hari agar tulang dapat tumbuh dengan maksimal. Fungsi kalsium pada orang dewasa bukan lagi sebagai agen pertumbuhan, namun lebih kepada  pengganti zat-zat kapur yang setiap hari hilang dari tulang.

Konsumsi kalsium berlebih juga tidak disarankan karena bisa mengganggu fungsi sistem pencernaan. Sisa kalsium umumnya akan dibuang melalui urin dan feses. Susu dan produk-produk olahan susu lain seperti yogurt, keju, serta mentega mengandung kalsium yang sangat tinggi. Sayuran hijau seperti bayam serta produk dari kedelai juga memiliki kandungan kalsium yang baik. Mengkonsumsi susu murni setiap hari sangat disarankan bagi anda di seluruh usia.

Bagaimanapun usaha anda mencari suplemen vitamin peninggi badan untuk dewasa, pada akhirnya berbagai mineral yang ada hanya akan berfungsi untuk menjaga kekuatan tulang dan tidak berpengaruh pada pertumbuhan. Pertumbuhan tubuh akan berakhir di usia awal 20 tahun dan tidak akan tumbuh lagi. Oleh karena itu, jika menginginkan tinggi  maksimal makan asupan mineral tersebut harus dimaksimalkan di usia 10-20 tahun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel