5 Software Belajar Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula

Ngalir.com - bagi Anda yang ingin belajar membuat aplikasi android, namun tidak mempunyai dasar apapun atau pemula, tidak perlu bingung, karena saat ini ada beberapa software belajar membuat aplikasi android untuk pemula.


Software Belajar Membuat Aplikasi Android


Android Studio


Adapun software belajar membuat aplikasi android untuk pemula yang pertama akan dibahas adalah Android Studio. Ini adalah salah satu aplikasi android yang paling disarankan, alasannya karena ini adalah tools resmi yang sepenuhnya didukung oleh Google, dalam mengembangkan aplikasi berbasis android.

Saat ini versi terbarunya adalah 3.3.2. Ada beberapa fitur baru yang sengaja disematkan pada Android Studio tersebut, antara lain :

  • Kode Editor yang cerdas

  • Instant Run

  • Emulator yang terbilang cepat

  • Serta aneka fitur lainnya.

Ketika Anda menggunakan software yang satu ini, Anda juga akan sekaligus belajar tentang beberapa hal, antara lain pengenalan OS Android, cara install dan setting Java, cara instal dan setting Android Studio versi terbaru, dan yang lainnya.

Setelah Anda mempelajari berbagai macam dasar pembuatan sistem pemrograman Android, maka Anda dapat melanjutkan pelajaran ke tahap berikutnya. Yaitu belajar membuat berbagai macam aplikasi android sederhana. Dengan menggunakan software yang satu ini, Anda akan mudah mengembangkan aplikasi android dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, Kotlin dan juga C++.

Eclipse


Adapun software belajar membuat aplikasi android untuk pemula yang kedua adalah Eclipse. Ini adalah IDE atau Integrated Development Environment yang biasanya digunakan untuk mengembangkan software aplikasi yang ada di semua platform.

Software yang satu ini, dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Akan tetapi software yang satu ini juga dapat dikembangkan dengan aplikasi bahasa pemrograman lainnya, seperti C, C++, Pyton, Php, Perl, dan yang lainnya.

Selain itu pihak Google juga memberikan dukungan penuh kepada eclipse, sebelum akhirnya merilis Android Studio. Itulah sebabnya, hingga saat ini, ada banyak developer android yang menggunakan software yang satu ini, ketika mengembangkan aplikasi androidnya.

Software yang satu ini juga bersifat open source, dan juga mempunyai banyak sekali plugin seperti halnya android studio. Namun setelah munculnya Android Studio, banyak yang berpindah haluan, karena mempunyai fitur yang jauh lebih lengkap, dan tentunya mempunyai dukungan dari pihak Google. Saat ini Eclipse mempunyai beberapa versi, yang terus rilis hingga tahun 2004.

Xamarin


Adapun software belajar membuat aplikasi android untuk pemula berikutnya adalah Xamarin. Apabila Anda sudah mempunya basic pemrograman C#, tentunya IDE Xamarin, dapat Anda gunakan secara lebih mudah. Software ini sendiri dikembangkan oleh perusahaan Xamarin Inc, fungsinya adalah untuk membuat aplikasi Cross Platform, seperti Android, IoS atau juga Window Phone, dengan menggunakan Bahasa pemrograman C#.

Adapun berbagai aplikasi yang berhasil dibuat oleh para developer ketika menggunakan Xamarin ini, tentunya akan sebaik aplikasi native Android atau juga iOS. Ada 2 buah IDE yang dimiliki oleh Xamarin, yaitu Xamarin yang sebelumnya sudah terintegrasi dengan Visual Studio, lalu ada juga Xamarin studio. Yang membedakan adalah jika pihak developer sudah terbiasa menggunakan OS Windows dan juga Visual Studio, maka Xamarin yang sudah terintegrasi dengan Visual Studio dapat dipilih. Sebaliknya jika pihak developer terbiasa menggunakan OS Mac, sebaiknya menggunakan Xamarin Studio. Hasilnya tampilan antar muka Xamarin dapat disesuaikan.

NetBeans


Adapun software belajar membuat aplikasi android untuk pemula berikutnya adalah NetBeans. Ini adalah IDE yang biasanya digunakan dalam mengembangkan aplikasi bahasa Pemrograman Java, C++ atau yang lainnya. Software yang satu ini sifatnya Open Source, dan dirilis secara resmi oleh perusahaan Oracle. Untuk itu, sebelum Anda menggunakan software ini, Anda harus menginstal JDK dan juga JRE.

Adobe Flash


Adobe Flash atau yang dikenal dengan Macromedia Flash ini adalah salah satu software yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan sebuah software di android. Walaupun fungsi utama dari software yang satu ini, adalah untuk membuat gambar vector atau juga animasi. Flash sendiri sebelumnya dirilis oleh perusahaan yang disebut dengan Macromedia, sebelum akhirnya diakuisisi oleh Adobe pada desember 2005. Ini yang membuat aplikasi tersebut berubah nama menjadi Adobe Flash. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel