7 Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Bayi

Ngalir.com - tahukah Anda bahwa susu kambing Etawa dapat dikonsumsi secara teratur oleh si kecil, ketika si kecil alergi terhadap kandungan laktosa, yang biasanya ada di susu sapi. Ulasan berikut akan membahas tentang manfaat dan bagaimana cara memberikan susu tersebut pada sang bayi.


7 Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Bayi


Manfaat susu kambing etawa


Berikut ini adalah berbagai macam manfaat susu kambing etawa untuk bayi yang perlu Anda ketahui, antara lain :

  • Kandungan zat besi yang mudah diserap tubuh

Adapun manfaat susu kambing etawa untuk bayi yang pertama adalah kandungan zat besinya mudah diserap oleh tubuh. Setidaknya ada lebih dari 50% zat besi ditemukan di dalam susu kambing, mudah diserap oleh tubuh. Presentasi yang satu ini, tentu lebih tinggi ketimbang susu sapi yang hanya mampu terserap sebanyak 13%.

  • pH susu kambing lebih mendekati pH ASI

Selain itu, susu kambing ini juga mempunyai sifat basa, sama seperti ASI, sedangkan susu sapi mempunyai sifat asam. Bahkan beberapa ahli menyatakan bahwa, kadar pH yang ada pada susu kambing ini lebih ideal ketimbang susu sapi, untuk bayi. Sifat basa ini juga yang mampu mengurangi kemungkinan infeksi gastrointestinal pada bayi.

  • Mampu meningkatkan kesehatan tulang pada bayi Anemia

Ketika seorang bayi mengalami anemia, maka kesehatan tulang bayi akan ikut menurun. Berdasarkan sebuah penelitian, ketika seorang individu kehilangan mineral yang ada di dalam tulang. Tubuhnya hanya akan membaik ketika mengkonsumsi susu kambing. Ini juga yang menjadi landasan kenapa bayi yang mengalami anemia aman dan baik ketika mengkonsumsi susu kambing Etawa secara teratur. 

  • Susu kambing mempunyai sifat anti peradangan

Manfaat susu kambing etawa untuk bayi lainnya adalah mempunyai sifat anti radang. Beberapa kandungan yang ada di dalam susu ini juga baik, untuk mencegah berbagai macam peradangan yang mungkin terjadi pada tubuh si kecil. Terutama peradangan yang terjadi di dalam saluran pencernaan. Salah satu manfaat yang dimaksud adalah adanya bakteri baik di usus, artinya penyakit radang usus seperti Kolitis, dapat diatasi dengan baik.

  • Mudah dicerna

Manfaat susu kambing etawa untuk bayi berikutnya yang ada pada susu kambing etawa adalah mudah dicerna. Dibandingkan susu sapi, protein yang ada pada susu kambing, terutama kambing etawa memang kurang padat. Akan tetapi lemak yang ada pada susu kambing ini, seperti asam lemak, mempunyai rantai yang pendek dan mudah sekali pecah. Alasan inilah yang membuat susu kambing etawa jadi lebih mudah dicerna dan diserap dengan baik oleh si kecil.

  • Mempunyai kandungan laktosa yang lebih sedikit

Yang perlu Anda ketahui adalah, susu kambing, terutama susu kambing etawa ini mempunyai kandungan laktosa yang lebih sedikit, yaitu hanya sebesar 4.1 % dibandingkan dengan susu sapi besarnya sekitar 4.7%. Kondisi ini yang membuat bayi, tidak mengalami atau setidaknya sedikit mengalami intoleransi Laktosa.

  • Nutrisi lain di susu kambing etawa

Tidak banyak yang mengetahui bahwa susu kambing etawa ini, mengandung kalsium yang cukup tinggi, lalu ada juga Vitamin A, B6, Niacin, Potasium, dan juga antioksidan selenium yang tentunya lebih sedikit jika dibandingkan dengan susu sapi. Walaupun demikian, kandungan asam folat yang ada di susu kambing lebih rendah dibandingkan susu sapi.

  • Cara memberikan susu kambing etawa

Walaupun susu kambing etawa ini baik untuk si kecil, akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dengan baik. Agar nutrisi yang ada di dalam susu tersebut, mampu terserap dengan baik oleh tubuh, terutama tubuh si kecil.

Walaupun susu kambing ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif, pengganti susu sapi. Akan tetapi sama seperti susu lainnya, susu ini sebaiknya diberikan pada yang berusia  1 tahun ke atas.

Sebelum Anda memberikan susu kambing etawa tersebut pada sang anak, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter anak.

Sebelum diberikan, ada baiknya jika Anda membaca terlebih dahulu aturan pakai dari susu kambing etawa tersebut. Berikan susu kambing sesuai dengan aturan yang diberikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel