Apa Saja Syarat Membuat Npwp Untuk Perusahaan

Ngalir.com - sebelum membahas mengenai apa saja syarat membuat NPWP untuk perusahaan. Maka ada baiknya Anda mengetahui apa itu NPWP. Nomor Pokok Wajib Pajak atau lebih dikenal dengan singkatan NWPW adalah sebuah rangkaian nomor seri yang umumnya digunakan oleh kantor pajak untuk mengidentifikasi para wajib pajak yang ada di Indonesia, baik itu wajib pajak pribadi maupun badan usaha. Nah, bagi Anda yang ingin mendirikan usaha maka wajib mendaftarkan NPWP perusahaan pada Kantor pelayanan pajak (KPP) yang sesuai domisili perusahaan tersebut.


Apa Saja Syarat Membuat Npwp Untuk Perusahaan


Umumnya badan perusahaan terbagi menjadi tiga jenis yaitu badan perusahaan joint operation, perusahaan non  profit oriented serta perusahaan profit oriented. Untuk membuat NPWP perusahaan diperlukan beberapa persyaratan yang sesuai dengan aturan pajak yang sudah ditetapkan. Nah, bagi Anda yang ingin membuat NPWP perusahaan maka lebih baik Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai apa saja syarat membuat NPWP untuk perusahaan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan diulas mengenai persyaratan membuat NPWP badan perusahaan untuk masing-masing jenis badan usaha, yaitu:

Syarat NPWP Untuk Perusahaan Berorientasi Laba (Profit Oriented)


Untuk wajib pajak badan perusahaan ini termasuk bentuk usaha tetap, kontraktor hingga operator di bidang usaha hulu minyak serta gas bumi yang memang berorientasi pada profit atau laba. Untuk persyaratannya adalah:

  1. Fotokopi akta pendirian atau juga dokumen pendirian serta perubahan untuk wajib pajak perusahaan di dalam negeri, ataupun surat keterangan penunjukan dari kantor pusat bagi BUT (bentuk usaha tetap).
  2. Fotokopi KTP  salah seorang pengurus, ataupun fotokopi paspor dan surat keterangan tempat tinggal dari Pejabat Pemerintah Daerah, baik lurah maupun kepala desa bagi para penanggung jawab Warga Negara Asing (WNA).
  3. Fotokopi Kartu NPWP direktur atau salah satu pengurus.
  4. Fotokopi dokumen izin usaha dan atau kegiatan yang diterbitkan oleh instansi berwenang.
  5. Surat keterangan tempat kegiatan usaha dari Pejabat Pemerintah Daerah, minimal lurah atau kepala desa serta menyerahkan bukti tagihan listrik.

Syarat NPWP Untuk Perusahaan Tidak Berorientasi Laba (Non Profit Oriented)


Untuk wajib pajak badan perusahaan yang tidak berorientasi pada laba adalah Ormas, Perkumpulan ataupun lainnya. Dokumen yang disyaratkan bagi perusahaan non profit oriented ialah:

  1. Akta pendirian (bagi badan yang memilikinya)
  2. Fotokopi KTP ketua atau salah seorang pengurus badan atau organisasi.
  3. Fotokopi NPWP ketua atau seorang pengurus badan atau organisasi.
  4. Surat keterangan domisili dari pengurus RT/RW.

Syarat NPWP Untuk Perusahaan operasi Kerjasama (Joint Operation)


Badan perusahaan operasi kerjasama atau joint operation adalah badan usaha yang dijalankan oleh dua badan perusahaan dalam menjalankan atau melakukan suatu proyek. Kedua perusahaan ini harus terlebih dahulu mempunyai NPWP masing-masing serta NPWP atas operasi kerjasama (joint operation) yang akan dibuat NPWP baru, dan dengan nama penggabungan dua perusahaan tersebut. Untuk dokumen yang di syaratkan adalah:

1. Fotokopi perjanjian kerjasama atau akte pendirian sebagai bentuk join operation (operasi kerjasama).

2. Fotokopi kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) masing-masing anggota dalam membentuk operasi kerjasama (join operation) yang memang diwajibkan untuk memiliki NPWP.

3. Fotokopi kartu  Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pribadi salah satu pengurus perusahaan yang tergabung menjadi anggota dalam operasi kerjasama (joint operation), ataupun fotokopi paspor serta surat keterangan tempat tinggal dari Pejabat Pemerintah Daerah, minimalnya dari Lurah atau Kepala Desa untuk penanggung jawabnya WNA (Warga Negara Asing).

4. Fotokopi dokumen izin usaha dan atau kegiatan yang diterbitkan oleh sebuah instansi berwenang, ataupun surat keterangan tempat kegiatan usaha dari Pejabat Pemerintah Daerah, minimalnya lurah atau kepala desa.

Nah, bagi Anda yang ingin membuat NPWP untuk perusahaan maka harus terlebih dahulu melengkapi beberapa dokumen seperti yang ada diatas. Perlu diingat dokumen yang di syaratkan tersebut haruslah sesuai dengan jenis badan usaha yang ingin dijalankan. Demikianlah, semoga ulasan yang ada diatas dapat bermanfaat dan menjadi referensi bacaan tambahan bagi Anda semua yang sedang mencari jawaban mengenai apa saja syarat membuat NPWP untuk perusahaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel