Apa Saja Tugas Technical Support Engineer

Ngalir.com - kebanyakan orang mungkin mempunyai banyak gagasan mengenai apa saja tugas technical support engineer. Pada dasarnya, semua orang sudah pernah melalui dukungan teknis pada satu titik ataupun lainnya di dalam kehidupan, akan tetapi perlu diketahui ada beberapa tugas penting yang memisahkan seorang technical support engineer dari peran lain di meja bantuan. Technical support engineer pada dasarnya menyediakan pemecahan masalah dan juga layanan dukungan teknis untuk berbagai klien internal serta eksternal dari banyak industri, mulai dari industri telekomunikasi, perawatan kesehatan hingga lainnya.


Apa Saja tugas technical support engineer


Perlu diketahui, hampir semua perusahaan besar mempunyai departemen IT sendiri, yang berguna untuk memberikan dukungan teknis. Bagi para individu yang ingin mencari jalur karir dalam dukungan teknis maka Anda harus terlebih dahulu mencari gelar di bidang teknik komputer, ilmu komputer, teknik serta lainnya tergantung pada jenis perusahaan yang Anda inginkan. Umumnya pekerjaan ini membutuhkan keahlian mencakup pengetahuan komunikasi, teknis, kesabaran, fleksibilitas serta penyelesaian masalah. Untuk lebih jelasnya mengenai tugas seorang technical support engineer, maka berikut ini akan diulas mengenai apa saja tugas technical support engineer.

Berinteraksi Dengan Pelanggan Dan Eskalasi


Umumnya selain menangani kasus mengenai pelanggan yang mengalami kegagalan fungsi pada perangkat lunak. Technical support engineer juga harus bisa berkomunikasi dengan para karyawan baru selama proses orientasi di sebuah perusahaan ataupun lainnya. Tidak hanya itu, para dukungan teknis juga menawarkan pelatihan dan pendidikan kepada pelanggan yang membutuhkan bantuan. Oleh karena itu, jangan heran jika para technical support engineer ini menghabiskan sebagian besar hari mereka berbicara dengan orang lain.

Perlu diketahui, sebagian besar organisasi mengharapkan seorang technical support engineer yang bisa menjadi sumber informasi serta pengetahuan teknis. Untuk itulah, meskipun informasi yang diperoleh oleh para technical support engineer hanya penuh dengan jargon, namun mereka harus bisa mengomunikasikannya dengan cara yang berarti, sehingga orang-orang bisa memahami informasi tersebut. Technical support engineer juga harus mempunyai keterampilan pada etiket telepon yang kuat dan jaringan dalam organisasi mereka. Sebab secara eksternal hal ini berguna untuk membangun hubungan konstruktif dengan temannya.

Para technical support engineer terkadang juga diminta untuk ikut berpartisipasi dalam forum ataupun masterclass di seluruh organisasi. Pada dasarnya, komunikasi dengan penuh perhatian dan mendengar secara aktif sama berartinya dengan memiliki kepribadian yang ulet dan ramah bagi peran seorang technical support engineer.

Technical support engineer harus mempunyai sikap yang mengutamakan para pelanggannya. Perlu diketahui, terkadang hal paling baik yang bisa dilakukan oleh seorang technical support engineer ialah meningkatkan kasus ke tingkat 2,3 hingga 4. Untuk itu, para technical support engineer harus terbiasa dengan proses alur kerja dan perangkat lunak eskalasi. Sebab mereka akan bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan kembali proses ini kepada para klien dan menindaklanjutinya.

Pemecahan Masalah, Diagnosis Dan Resolusi


Biasanya para technical support engineer akan memiliki masalah yang harus mereka selesaikan. Untuk menyelesaikan kasus ataupun sebuah masalah maka dibutuhkan pemecahan masalah. Pada dasarnya pemecahan masalah dibutuhkan beberapa langkah yang bisa mengarah para mereproduksi masalah. Nah, jika masalah tidak bisa direproduksi maka proses pemecahan masalahnya akan lebih sulit dilakukan. Apabila masalah sudah direproduksi, maka technical support engineer akan langsung mencari kausalitas dan mendiagnosis masalah tersebut, hingga akhirnya masalahnya bisa terselesaikan dengan baik.

Technical support engineer sangat membutuhkan tingkat kesabaran dan keterampilan orang yang cukup tinggi. Pasalnya seorang technical support engineer sering bekerja dibawah tekanan dan berupaya untuk menutupi kasur dalam antrian dukungan teknis sesuai dengan waktu yang ditentukan. Selain itu, para technical support engineer juga sering menghadapi pelanggan yang sudah frustasi karena sistem mereka tidak berfungsi.

Pada dasarnya, seorang technical support engineer harus bisa berkomunikasi dengan jelas dan ringkas kepada para pelanggan dengan menggunakan bahasa yang tidak membuat pelanggan merasa lebih frustasi ataupun terbujuk. Untuk itu, para technical support engineer sudah seharusnya memiliki soft skill untuk menangani para pelanggannya.

Demikianlah, beberapa tugas technical support engineer. Semoga ulasan diatas dapat menjawab pertanyaan Anda mengenai apa saja tugas technical support engineer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel