Beberapa Tips Ampuh Menghadapi Ujian Semester

Ngalir.com - beberapa tips ampuh menghadapi ujian semester dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu persiapan jauh sebelum ujian berlangsung, menjelang ujian, dan pada saat ujian. Dengan mempersiapkan semua persiapan tersebut, ujian semester akan lebih mudah dilewati dan pastinya mendapatkan hasil memuaskan. Berikut ini penjelasan lengkap dari beberapa tips tersebut.


Beberapa Tips Ampuh Menghadapi Ujian Semester


# Persiapan Jauh Hari Sebelum Ujian


Meskipun ujian semester masih lama, Anda harus sudah mulai mempersiapkannya. Hindari prinsip “Belanda masih jauh” dan baru belajar pada malam sebelum ujian dilaksanakan. Nah, berikut ini beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan:

1.    Rajin Beribadah dan Berdoa

Bagaimana pun juga, kesuksesan Anda merupakan campur tangan Tuhan. Oleh karena itu, rajinlah beribadah dan berdoa, meminta pertolongan Tuhan agar dimudahkan dalam belajar maupun ujian nanti. Selain itu, mintalah restu orang tua karena doa orang tua lebih mudah dikabulkan Tuhan.

2.    Membenahi Buku Catatan Pelajaran

Sedini mungkin, buatlah buku catatan pelajaran selengkap dan serapi mungkin. Dengan begitu, akan lebih mudah pada saat Anda akan mempelajarinya pada saat ujian. Bila perlu, mintalah kepada guru, rangkuman materi yang akan diujikan di ujian nanti.

3.    Mempelajari Ulangan Harian

Membuka kembali dan mempelajari ulangan-ulangan harian yang pernah dilakukan juga bisa mengasah keterampilan Anda dalam mengerjakan soal. Jika ada soal yang belum diketahui atau dipahami jawabannya, Anda bisa menanyakannya kepada teman, saudara, atau bahkan guru.

4.     Mempelajari Kisi-Kisi Soal

Selain mempelajari ulangan harian yang sudah pernah dilakukan, Anda juga harus mempelajari kisi-kisi soal yang diberikan guru. Sebab, biasanya materi ujian yang keluar tidak keluar dari kisi-kisi yang diberikan tersebut. Mempelajari kisi-kisi juga lebih memfokuskan Anda pada pembelajaran materi yang diujikan saja.

5.    Menjaga Kesehatan

Hal yang tidak boleh dilupakan, jagalah selalu kesehatan. Sebab, pada tubuh yang sehat, ilmu yang masuk pada saat belajar pun lebih mudah untuk dicerna. Agar mendapatkan tubuh yang sehat, Anda harus menjaga pola makan bergizi dan tidur yang cukup.

# Persiapan Menjelang Ujian


Beberapa hari menjelang ujian, persiapan harus lebih Anda perketat. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1.    Membuat Timeline Belajar


Tubuh dan otak Anda tidak akan kuat jika harus belajar, menghafal, dan mengingat semua mata pelajaran dalam satu waktu. Oleh karena itu, buatlah timeline belajar menjelang ujian. Waktu yang tersisa dibagi dengan banyaknya materi yang diujikan. Dengan begitu, Anda akan menemukan dalam satu hari Anda harus mampu menguasai berapa mata pelajaran.

2.    Membuat Mading Belajar

Untuk beberapa materi pelajaran yang menurut Anda sulit, bisa Anda tuliskan pada papan seperti mading. Letakkan mading tersebut di kamar tidur. Sehingga, setiap hari, terutama menjelang tidur, Anda akan selalu membaca dan teringat tentang materi tersebut.

3.    Belajar Bersama Keluarga

Belajar bersama keluarga, seperti kakak atau adik, pastinya akan membuat Anda lebih semangat untuk belajar. Suasana belajar pun akan lebih mendukung untuk mudahnya materi masuk dalam otak. Teman belajar juga bisa diajak untuk melakukan belajar dengan menyenangkan, misal bermain tebak-tebakan materi pelajaran.

4.    Memanfaatkan Berbagai Media

Berbagai media, baik offline maupun online, bisa Anda gunakan untuk semakin memperdalam materi pelajaran yang diujikan. Media offline seperti buku atau media online seperti internet akan membuka wawasan Anda lebih luas.

5.    Hindari Aktivitas Tidak Penting

Menjelang ujian, sebaiknya hindari melakukan berbagai aktivitas yang tidak begitu penting, seperti hangout bersama teman, nongkrong-nongkrong, dan sebagainya. Tetap fokuslah pada belajar.

# Hal-Hal yang Perlu Dilakukan pada Saat Ujian


Nah, pada saat ujian, ada tips menjawab soal agar nilai yang Anda peroleh dapat maksimal. Tips tersebut antara lain:

1.    Buat target waktu pengerjaan untuk setiap soalnya. Misalnya, waktu yang diberikan hanya 60 menit untuk mengerjakan soal sekitar 50 buah. Maka, tetapkan maksimal satu soal waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan hanya 1 menit.

2.    Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang mudah dan materi yang Anda kuasai dengan waktu secepat mungkin.

3.    Tinggalkan terlebih dahulu soal yang Anda tidak menemukan jawabannya dengan cepat.

4.    Sisakan waktu beberapa menit untuk mengerjakan soal yang tadi dilewati karena sulit.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel