Cara Hilangkan Bopeng Dengan Garam Ampuh

Ngalir.com - bopeng merupakan bekas luka pada kulit yang berbentuk cekungan atau lekukan lubang pada kulit. Bekas luka ini terbentuk akibat kerusakan pada lapisan kulit yang terjadi akibat jerawat, gangguan hormon, maupun penyakit kulit lainnya. Umumnya bagian yang paling mudah terserang adalah wajah akibat bekas jerawat. Bekas luka ini tidak akan hilang dengan sendirinya sehingga membutuhkan perawatan dan pengobatan khusus untuk menghilangkan bopeng tersebut. Jumlah bopeng di wajah bisa jadi sangat banyak sehingga membuat seseorang menjadi kurang percaya diri.




Perawatan kulit bopeng


Banyak wanita kemudian menggunakan makeup tebal untuk menutupi bekas-bekas luka tersebut. Namun konsekuensinya, make up justru memperparah kondisi kulit tersebut. banyak cara dilakukan untuk menghilangkan bekas luka tersebut seperti dengan mikrodermabrasi, dermabrasi, laser, maupun terapi microneedling.Namun tentu saja perawatan-perawatan tersebut tidaklah murah. Terlebih tidak semua metode bisa memberikan hasil yang maksimal. Kulit bopeng ini bukan hanya masalah luar kulit saja, namun juga faktor hormon dan rehidrasi kulit yang tidak stabil bisa menjadi faktor penyebabnya.

Banyak pula obat-obatan oles seperti krim dan pasta yang dijual bebas diklaim mampu mengobati bekas luka bopeng ini. Namun banyak kandungan bahan kimia yang justru berbahaya untuk kesehatan kulit, terlebih bagi yang memiliki jenis kulit sensitif. Namun ternyata ada cara menghilangkan bopeng dengan garam. Garam yang ada di dapur anda bisa menjadi solusi murah dan mudah untuk menghilangkan bekas luka bopeng.

Tidak Sembarang Garam


Garam merupakan padatan mineral yang dihasilkan dari pengendapan air laut. Garam laut murni atau yang masih berbentuk seperti kerikil mengandung 85% sodium klorida dan 15% kandungan mineral alami. Di dalam garam laut terdapat lebih dari 60 mineral alami yang memberikan manfaat bagi tubuh baik untuk dikonsumsi maupun untuk aplikasi pada kulit tubuh.

Namun anda juga perlu memperhatikan bahwa garam dapur ini berbeda dengan garam rafinasi atau garam meja. Garam yang telah mengalami proses rafinasi mengandung 97,55 sodium klorida dan 2,5% bahan kimia tambahan seperti iodium. Tingginya kadar sodium klorida dan adanya tambahan bahan-bahan kimia tentu akan menghilangkan mineral-mineral alami yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. 

Penggunaan garam rafinasi sebenarnya tidak disarankan dalam jumlah masif dan jangka waktu lama karena banyak kasus menyebabkan masalah terutama pada kulit. Beberapa masalah yang umumnya mempengaruhi kulit adalah kulit kering, kusam, dan bernoda. Oleh karena itu, garam laut yang belum dirafinasi lebih disarankan untuk perawatan kulit terutama dengan cara menghilangkan bopeng dengan garam. Mineral-mineral alami dari garam bermanfaat untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak .

Penerapan garam untuk menghilangkan bopeng


  • Sebagai Skrap


Jika anda memiliki bopeng yang tidak terlalu dalam, anda bisa menggunakan garam sebagai bahan skrap. Gunakan satu sendok garam laut yang telah ditumbuk agak kasar. Campur garam dengan setengah sendok minyak zaitun atau madu, kemudian aduk hingga merata. Oleskan dan gosok lembut campuran ini ke seluruh bagian wajah, terutama bagian yang bopeng. Jangan khawatir bila anda mengaplikasikan pada bagian yang tidak ada bekas luka karena campuran ini juga berfungsi untuk mengencangkan kulit. Diamkan 5-10 menit setelah merata, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih dan keringkan dengan handuk lembut.

  • Sebagai Bahan Oles


Bagi anda yang memiliki bopeng yang cukup dalam, penggunaan skrap tidak akan efektif memperbaiki kulit. Cara kedua ini lebih aman bagi bopeng yang cukup dalam. Pertama adalah membuat larutan dari 1 sendok garam laut dan 1 gelas air. Setelah garam larut dan air mendidih, diamkan beberapa saat agar larutan menjadi hangat. Kemudian rendam kapas atau handuk kecil pada larutan tersebut. Aplikasikan kapas atau handuk yang telah direndam ke bagian kulit yang bopeng. Jika menggunakan kapas, anda memerlukan beberapa lembar untuk membuat menjadi semacam masker yang menutupi wajah. Diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

Kedua cara menghilangkan bopeng dengan garam tersebut harus anda lakukan rutin selama setidaknya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Perawatan dapat terus dilanjutkan hingga kondisi kulit wajah anda semakin membaik. Ciri-ciri keberhasilan perawatan ini adalah kulit wajah semakin halus dan sisa bekas bopeng semakin mengecil atau bahkan menghilang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel