Cara Mengobati Panu yang Sudah Menyebar dan Gatal

Ngalir.com - bagi orang Indonesia mungkin sudah sering dan akrab dengan yang namanya penyakit panu. Ya, penyakit kulit ini memang sering dijumpai dan diderita oleh orang Asia terutama yang tinggal di daerah tropis. Karena suhu yang tidak menentu, terkadang panas, kemudian lembab, bisa menimbulkan jamur yang akan terus berkembang di kulit. Sebenarnya jamur di kulit adalah flora normal dan tidak akan menimbulkan masalah. Namun jika kita tidak menjaga kebersihan kulit maka jamur tersebut akan menimbulkan infeksi dan gatal. Gejalanya berupa bercak keputihan di kulit bagian tubuh manapun, dan menimbulkan rasa gatal yang mengganggu. Bagian tubuh yang biasanya menderita infeksi jamur antara lain bagian leher, lengan, wajah, punggung serta dada. Setelah mengetahui latar belakangnya, lantas bagaimana cara mengobati panu yang sudah menyebar? Bahan alami ternyata bisa membantu menyembuhkan penyakit panu yang menyebar, untuk lebih jelasnya akan kami ulas lebih dalam berikut ini.




  • Lengkuas sudah sejak lama dikenal ampuh dalam mengobati panu secara cepat. Tanaman serba bisa ini selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, ternyata bisa sebagai cara mengobati panu yang sudah menyebar. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda bisa memotong lengkuas seperti biasa dalam beberapa bagian, kemudian gosokkan di kulit tubuh yang mengalami panu. Jangan lupa untuk membersihkan kulit terlebih dahulu sebelum melakukan pengobatan ini.

  • Bawang putih pada masakan bisa memberikan aroma wangi yang khas serta memberikan rasa gurih dan lezat. Tidak hanya itu, bawang putih juga bisa sebagai obat panu yang ampuh. Bagaimana caranya? Satu siung bawang putih bisa Anda kupas lebih dahulu kulitnya kemudian diiris tipis lalu bubuhkan di bagian kulit yang terkena infeksi jamur. Jangan lupa untuk mandi lebih dahulu agar hasilnya lebih maksimal dan panu bisa segera sembuh sehingga tidak menyebar ke bagian kulit yang lainnya.

  • Gunung berapi sejak dahulu mengeluarkan lava pijar dan kandungan belerang dengan aroma yang khas. Belerang yang dikenal warnanya kuning ini mampu menyembuhkan penyakit panu dan mencegahnya supaya tidak menyebar. Anda bisa mengambil sedikit belerang yang kemudian dihaluskan lebih dahulu, selanjutnya ditambahkan jeruk nipis ke dalamnya dan diteteskan sedikit minyak kelapa. Setelah ramuan jadi, bisa dibubuhkan di kulit yang membutuhkan.

  • Tidak hanya mahkota kepala yaitu rambut yang bisa diberikan khasiat tanaman lidah buaya. Tanaman yang serbaguna ini juga dapat dimanfaatkan menjadi cara mengobati panu yang sudah menyebar. Mengapa demikian? Sebuah penelitian mengatakan bahwa tanaman lidah buaya mempunyai kandungan protein 14 kilo Dalton yang sangat berkhasiat sebagai antiinflamasi serta antijamur ampuh. Tanaman lidah buaya juga dikenal mempunyai sifat menenangkan infeksi agar nantinya tidak menyebar atau menjalar ke bagian tubuh yang lainnya. Caranya cukup mudah, Anda bisa menemukan produk gel aloe vera di pasaran yang bisa dioleskan pada kulit yang mengalami infeksi panu secara rutin dalam jangka waktu beberapa minggu. Rasakan khasiatnya saat mengoleskannya 2 hingga 3 kali sehari sehabis mandi.

  • Kita selama ini mengenal cuka apel sebagai bahan masakan saja. Ternyata penemuan terbaru cuka apel juga sangat bagus bagi kulit tubuh. Tidak hanya sebagai toner yang mengeringkan jerawat saja, cuka apel pun dapat mengontrol atau mengendalikan pertumbuhan infeksi jamur kulit secara signifikan. Perlu diperhatikan, cuka apel yang kadar keasamannya tinggi bisa diencerkan lebih dahulu dengan air hangat 1:1. Mengapa harus diencerkan dulu? Ya, kulit kita dengan pH normal cenderung 7 tidak mampu menghadapi cuka apel yang asam, dan bila dibiarkan malah mengakibatkan iritasi. Setelah cuka apel dilarutkan dengan air, balurkan di kulit yang mengalami panu, diamkan sejenak sepuluh menit baru bisa dibilas dengan air bersih.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara mengobati panu yang sudah menyebar? Bahannya pun cukup mudah ditemukan di sekeliling kita karena termasuk bahan alami bukan bahan kimia. Satu hal yang diperlukan adalah kesabaran dan rutin dalam melakukan pengobatan. Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan infeksi panunya bisa segera pulih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel