Cara Pencegahan Jantung Coroner

Ngalir.com - penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan termasuk dalam penyakit yang telah menelan banyak korban dan salah satu penyakit jantung yang berbahaya adalah penyakit jantung coroner. Tentu semua penyakit seperti jantung coroner harus dicegah dan diminimalisir agar tubuh dapat tetap sehat dan bugar karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Lalu bagaimana cara pencegahan jantung coroner itu sendiri? Berikut cara-cara pencegahannya.




Olahraga Teratur


Cara pencegahan jantung coroner yang pertama adalah dengan giat melakukan olahraga. Dengan olahraga itu artinya selain menjaga kondisi tubuh fit dan bugar juga akan melatih dan memperlancar pergerakan otot jantung yang membuatnya dapat terhindar dari berbagai macam gejala penyakit. Olahraga rutin maka akan mengurangi berbagai resiko terkena penyakit salah satu jantung coroner. Kegiatan olahraga di sini berarti bermacam-macam bisa berlari, senam, renang dan lain-lain yang pada intinya adalah melakukan gerakan atau sesuatu yang dapat melatih otot jantung.

Lakukan olahraga secara rutin minimal seminggu sekali untuk membuat tubuh dan jantung terbiasa yang nantinya bisa mencegah berbagai macam penyakit. Olahraga merupakan salah cara pencegahan yang sangat mudah dan murah meriah namun jarang sekali untuk dilakukan. Bangun niatan untuk hidup sehat agar mudah untuk melakukan olahraga secara rajin dan teratur.

Pola Makan


Pola makan merupakan cara pencegahan jantung coroner selanjutnya yang sering disepelekan padahal dampaknya sangat besar. Pola makan berarti mengatur makanan yang akan disantap dan untuk pola makan yang sehat dan mencegah jantung koroner maka hindari makanan yang terlalu banyak mengandung kolesterol dan lemak. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan serta banyak minum air putih. Sayur dan buah mengandung banyak khasiat yang dapat menyehatkan jantung serta memberikan nutrisi lainnya bagi tubuh begitu juga dengan air putih yang banyak mengandung manfaat.

Dengan pola makan yang sehat dan teratur maka akan mencegah penyakit jantung koroner masuk ke tubuh. Bahkan bukan hanya penyakit jantung koroner saja yang dapat dicegah namun juga penyakit lainnya. Pola makan sehat bukan hanya baik untuk jantung tapi juga baik untuk tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Hindari Rokok


Cara selanjutnya dalam mencegah jantung koroner adalah dengan menghindari rokok. Seperti diketahui secara umum bahwa merokok adalah hal yang tidak sehat terutama bagi jantung. Rokok merupakan penyebab dari berbagai penyakit salah satunya jantung koroner. Asap dari rokok dapat berbahaya bagi paru-paru dan jantung begitu juga dengan kandungan dari toko itu sendiri. Hindari rokok sedini mungkin jangan sampai memulai atau coba-coba merokok jika ingin menerapkan hidup sehat dan mencegah berbagai penyakit.

Bagi yang sudah terlanjur terjerumus dalam rokok maka sebaiknya mulai dibiasakan untuk berhenti dan mulai hidup tanpa rokok. Mungkin bagi para pecandu rokok kegiatan untuk berhenti adalah hak yang sulit namun ini adalah salah satu cara pencegahan jantung coroner yang paling baik. Untuk para pecandu cara terhindar dari rokok adalah dengan mengurangi konsumsi rokok secara terus menerus maka nantinya akan terbiasa dan mulai meninggalkan kebiasaan merokok lagi. Tubuh dan jantung akan lebih sehat jika tanpa rokok.

Hindari Stres Berlebih


Stres juga merupakan salah satu penyebab dari penyakit jantung koroner. Maka dari itu menghindari stres berlebih memang harus diperhatikan karena kadang orang-orang stres tidak berpengaruh pada kondisi kesehatan. Biasakan diri untuk terhindar dari stres yang berlebih dan berkepanjangan caranya adalah dengan datang ke psikiater atau dengan melakukan hal-hal yang menghibur. Stres bisa datang karena berbagai hal seperti pekerjaan, hidup, keuangan dan lain-lain intinya jika merasa diri stres lebih baik untuk tenang dan jangan mudah terkendali oleh pikiran yang kacau dan rumit.

Rutin Konsumsi Antioksidannya


Cara pencegahan jantung coroner yang terakhir adalah dengan rutin mengkonsumsi antioksidan yang dimana antioksidan sendiri berfungsi untuk mengatasi radikal bebas didalam tubuh. Radikal bebas sendiri bisa muncul dari berbagai media seperti asap kendaraan, asap rokok , kuman dan bakteri yang secara tidak sengaja selalu terkena. Maka dari itu dengan rutin mengkonsumsi antioksidan maka akan dapat membuat tubuh lebih siap untuk menangkal setiap bakteri atau kuman dan pencegahan berbagai penyakit seperti jantung koroner.

Kesempatan


Kesimpulannya dari cara pencegahan jantung coroner adalah bahwa setiap cara diatas semuanya saling berhubungan satu sama lain artinya semuanya harus dilakukan secara teratur agar kesehatan tubuh bukan hanya jantung terjaga. Semuanya merupakan pencegahan dari jantung koroner yang mudah untuk dilakukan asalkan ada niatan untuk hidup sehat dan tertidur dari berbagai penyakit yang mematikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel