Daftar Bahasa Anak Kuliahan yang Harus Kamu Tau

Ngalir.com - memasuki dunia perkuliahan tentunya ada berbagai hal yang harus disesuaikan dengan baik termasuk masalah bahasa atau istilah, jadi memahami daftar bahasa anak kuliahan yang harus kamu tau adalah hal penting untuk diperhatikan. Jangan sampai kurangnya pengetahuan justru membuat kamu menjadi bingung saat sudah mulai masuk masa perkuliahan. Jadi perhatikan berbagai istilah penting di kuliahan bahkan sebelum memulai dunia baru tersebut.


Daftar Bahasa Anak Kuliahan yang Harus Kamu Tau


KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)


Tentunya setelah diterima di kampus tertentu maka kamu akan mendapatkan KTM atau Kartu Tanda Mahasiswa. Memang hampir sama dengan kartu pelajar hanya saja penggunaannya untuk mahasiswa. Tentu ada beragam fasilitas yang akan kamu dapatkan dari penggunaan kartu ini terutama untuk penunjang pendidikan seperti peminjaman buku atau inventaris lainnya. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan banyak diskon dengan menggunakan kartu mahasiswa ini di beberapa tempat secara khusus.

SKS (Satuan Kredit Semester)


SKS ini adalah bobot untuk setiap mata kuliah yang harus diambil dalam satu semester. Tentunya setiap jenis mata kuliah memiliki bobot atau jumlah SKS yang berbeda misalnya 1, 2 atau 3. Sedang setiap mahasiswa akan diwajibkan untuk mengambil sejumlah SKS tertentu di setiap semesternya, misalnya dalam satu semester harus ada 24 SKS yang diambil. Maka mahasiswa harus menyesuaikan pilihan mata kuliah yang akan diambil untuk memenuhi jumlah SKS yang harus dipenuhi.

BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)


Ini adalah salah satu organisasi bergengsi di kampus, jika diibaratkan di jaman sekolah hampir sama fungsinya seperti OSIS. Dalam satu kampus ada dua BEM yaitu universitas dan fakultas, mereka memiliki tugas untuk melakukan penyelenggaraan berbagai kegiatan mahasiswa termasuk untuk orientasi mahasiswa baru. Sehingga sudah tentu saat kamu masuk menjadi mahasiswa baru maka orang pertama yang kalian temui adalah kakak-kakak senior dari BEM ini.

HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan)


HMJ ini posisinya berada di bawah BEM, ada yang menyebutnya sebagai HIMA dengan arti yang sebenarnya sama saja. Pada dasarnya memiliki fungsi dan kegiatan yang hampir sama dengan BEM, hanya saja skalanya adalah hanya untuk satu jurusan tertentu. Sehingga kamu juga bisa bergabung untuk belajar berorganisasi di dunia perkuliahan sebagai bekal untuk masuk ke dunia kerja nantinya.

UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)


Unit ini bisa juga disamakan dengan ekstrakurikuler yang ada di sekolah, jadi biasanya di sebuah kampus juga ada begitu banyak pilihan UKM yang bisa disesuaikan dengan minat kamu masing-masing. Tentu saja berbagai kegiatannya juga akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing unit. Sehingga nantinya kamu bisa mengembangkan bakat lain di luar dunia akademik untuk mendapatkan pengalaman serta lebih banyak teman dari jurusan atau fakultas lainnya.

Antara IP dan IPK


Tentunya istilah IP dan IPK ini menjadi daftar bahasa anak kuliahan yang harus kamu tau serta sudah sering dibahas dimanapun. IP sendiri adalah Indeks Prestasi sedangkan IPK berarti Indeks Prestasi Kumulatif yang merupakan gabungan dari semua IP dari awal semester sampai akhir. Nilai IPK tertinggi adalah skala 4,00 yang dikatakan lulus cumlaude. Beberapa perusahaan memang mempertimbangkan IPK minimal yang akan diterima sebagai karyawannya, sehingga kamu harus benar-benar memastikan nilai IP di setiap semesternya cukup bagus untuk menghasilkan perhitungan IPK yang cukup tinggi.

KRS dan KHS


KRS adalah Kartu Rencana Studi dimana tertera di dalamnya adalah berbagai mata kuliah yang kamu ambil di satu semester. Tentu saja berbeda dengan masa di SMA, saat kuliah kamu bisa menentukan sendiri mata kuliah yang akan diambil namun tetap dengan menyesuaikan aturan yang berlaku terkait beban studi pada jumlah SKS. Sedangkan untuk KHS atau Kartu Hasil Studi yang dapat dikatakan sebagai hasil belajar selama satu semester berdasarkan nilai yang didapatkan dari setiap mata kuliah yang ada dalam KRS.

Dengan mengetahui beberapa istilah tersebut maka akan sangat membantu kamu untuk memudahkan beragam proses selama kuliah. Jadi setiap kata dalam daftar bahasa anak kuliahan yang harus kamu tau tersebut perlu dipahami dengan baik dan tepat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel