Daftar Jenis Peluang Kerja Jurusan Multimedia

Ngalir.com - jurusan multimedia merupakan salah satu jurusan yang tergolong baru jika dibandingkan dengan jurusan seperti otomotif, elektro, dan percetakan. Jurusan multimedia mempelajari tentang berbagai hal yang berhubungan dengan multimedia itu sendiri seperti broadcast, pembuatan animasi,pemrograman, desain, dan lain-lain. Sesuai dengan namanya yaitu multimedia artinya jurusan ini mempelajari multi atau banyak teknik dan pelajaran. Lalu kemana sajakah siswa jurusan multimedia bisa melanjutkan pekerjaan? Berikut daftar jenis peluang kerja jurusan multimedia yang umum.


Peluang Kerja Jurusan Multi Media


Dunia Broadcast


Daftar jenis peluang kerja jurusan multimedia yang bisa pertama adalah dunia broadcasting. Secara singkat broadcasting mencakup hal-hal yang berhubungan dengan siaran dan untuk contoh yang mudah dan umumnya adalah TV. Dibalik sebuah stasiun televisi tentunya mempunyai banyak sekali orang-orang atau karyawan di bidangnya masing-masing yaitu seperti kameramen, editor, programmer, sutradara, produser dan lain-lain. Itu semua merupakan pekerjaan yang termasuk dalam broadcast dan jurusan multimedia memiliki hubungan yang cukup kental dengan pekerjaan tersebut.

Dalam pelajaran multimedia tentu diajarkan tentang broadcast itu sendiri yang dimana untuk peluang kerja umumnya dicontohkan di sebuah stasiun televisi. Namun masih banyak lagi peluang kerja atau tempat kerja bagi jurusan multimedia yang tersebar saat ini mengingat di jaman sekarang siswa lulusan multimedia merupakan salah satu yang paling banyak diburu oleh perusahaan dalam bidang broadcast khususnya. Karena memang dalam pendidikannya siswa multimedia diajari dan dijelaskan mengenai apa itu dunia broadcast sehingga sudah siap untuk langsung terjun ke dunia kerja broadcast itu sendiri.

Semakin banyaknya perusahaan broadcast membutuhkan pekerja baru semakin besar pula persaingan di dunia broadcast. Itu artinya para siswa jurusan multimedia dituntut untuk memiliki skil keahlian, kreativitas, keterampilan, ketekunan dan mental kuat untuk bisa bersaing di dunia pekerjaan broadcasting. Di jaman sekarang ini broadcast sangat menjanjikan dan itulah mengapa pekerjaan ini termasuk dalam daftar jenis peluang kerja jurusan multimedia yang paling banyak dicari, digemari, dan dikejar oleh siswa jurusan multimedia itu sendiri yang artinya bisa masuk dalam pekerjaan broadcast merupakan impian jurusan multimedia.

Animator


Animator secara singkat merupakan seorang yang membuat sebuah animasi baik itu 2D atau 3D baik itu untuk kepentingan film, iklan atau lain-lain. Jurusan multimedia juga mengajarkan untuk membuat sebuah animasi yang dimana dengan demikian pekerjaan sebagai animator dapat menjadi pilihan bagi jurusan multimedia. Membuat sebuah animasi dalam hal dan bentuk apapun merupakan keahlian yang saat ini sangat dibutuhkan dan tentunya sangat menjanjikan. Bagi jurusan multimedia animasi merupakan pendidikan animasi merupakan salah satu yang juga penting selain broadcast dan pemrograman.

Bicara soal pekerjaan animator sendiri memang sangat banyak ditemukan baik itu animator di sebuah stasiun televisi atau perusahaan lainnya bahkan pekerjaan sebagai animator bisa dijalankan individu tanpa harus tergabung dalam sebuah perusahaan yang artinya membuat pekerjaan sendiri. Membuat animasi merupakan sebuah kemampuan yang unik dan memerlukan banyak kreativitas, keahlian dan ketekunan yang tinggi maka dari itu bagi jurusan multimedia ini merupakan salah satu daftar jenis peluang kerja jurusan multimedia yang sangat menjanjikan namun juga memerlukan kriteria yang tidak sembarangan.

Perusahaan-perusahaan kerja di bidang animasi tentunya banyak memantau dan merekrut karyawan dari jurusan multimedia namun tentunya hanya siswa yang memang memiliki kemampuan yang baik dan siap untuk bekerja yang akan dipilih. Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa menjadi seorang animator adalah hal yang tidak mudah banyak persaingan namun jika memang memiliki niatan yang kuat untuk bekerja dan menjadi seorang animator semuanya bisa saja terjadi dan animator juga merupakan pekerjaan yang sangat menjanjikan dan tentunya akan selalu dicari dan dipakai jasanya.

Programmer


Daftar peluang kerja jurusan multimedia yang banyak digemari dan dicari selanjutnya adalah programmer. Jurusan multimedia juga mengajarkan cara menjadi seorang programmer dengan pelajaran coding dan pelajaran mengenai software. Programmer sendiri untuk saat ini memang banyak dibutuhkan mengingat meningkatnya arus teknologi sehingga saat ini software atau perangkat lunak menjadi salah satu hal yang sudah umum. Jurusan multimedia tentunya dapat menjadi seorang programmer dan tak menutup kemungkinan untuk bisa membuat sebuah karya sendiri.

Seperti jenis pekerjaan lainnya di dalam jurusan multimedia, programmer juga banyak dibutuhkan, dicari namun juga kriteria yang dibutuhkan memang tidak sembarangan mengingat tugas atau pekerjaan seorang programmer sendiri yang amat kompleks. Bagi siswa jurusan multimedia yang ingin menjadi seorang programmer memang harus rajin berlatih terus mengembangkan kemampuan dan pengetahuan tentang dunia programmer agar kemampuan dan kreativitas terus meningkat dan berjalan sehingga bisa mengikuti segala arus perkembangan di dunia kerja sebagai seorang programmer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel