Mengenal Jurusan Fabrikasi Logam dan Manufaktur di SMK

Ngalir.com - bagi kamu yang hendak menjejakan kaki di jenjang pendidikan menengah atas dan ingin belajar di sekolah kejuruan (SMK/STM), banyak sekali jurusan yang bisa dipilih. Teknik mesin umumnya digemari oleh calon siswa laki-laki yang suka mengotak-atik sepeda motornya. Ada pula jurusan memasak, keperawatan, seni, dan banyak lagi jurusan di sekolah menengah kejuruan yang bisa menjadi pilihan. Ada satu jurusan yang tampak nya jarang dilirik, namun prospek kerjanya cukup menjanjikan. Jurusan Fabrikasi Logam dan Manufaktur adalah jurusan yang umumnya dikhususkan bagi siswa laki-laki karena kedepannya akan bekerja dalam pengolahan logam yang membutuhkan tenaga dan keberanian yang cukup besar.


 Apa itu jurusan fabrikasi logam dan manufaktur


Sebelum membahas jurusan ini lebih lanjut, tentu banyak dari kamu yang masih penasaran dengan apa itu jurusan fabrikasi logam dan manufaktur. Oleh karena itu, mari kita bahas jurusan yang satu ini.

Fabrikasi Logam


Fabrikasi logam sendiri adalah proses produksi sebuah logam menjadi suatu alat atau barang yang dibutuhkan atau digunakan dalam kebutuhan industri lainnya. Untuk mengubah logam mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi maka diperlukan sejumlah proses yang harus dilalui. Proses fabrikasi logam dimulai dari rekayasa atau perancangan, pembakaran logam hingga suhu tertentu, pembengkokan, pemotongan, dan hingga tahap perakitan.

Sebagai gambaran, pekerjaan fabrikasi logam dan manufaktur bisa merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan pembuatan spare part atau suku cadang mesin dan peralatan industri lainnya. Di industri fabrikasi logam dan manufaktur kamu akan menghadapi berbagai macam kebutuhan peralatan industri yang dirancang atau dibuat dari berbagai macam jenis rekayasa logam sebagai bagian-bagian penyusunnya, serta memiliki tingkat presisi yang beragam.

Pada pengerjaan fabrikasi logam dan manufaktur ini tidak semua merupakan hasil kerja mesin yang tinggal dioperasikan, ada pula banyak rekayasa logam dibuat menggunakan kemampuan tangan.

Syarat masuk Jurusan Fabrikasi Logam dan Manufaktur


Jurusan ini bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin segera bekerja di bidang perakitan logam dan pabrik alat berat. Bagi kamu yang sudah paham apa itu jurusan fabrikasi logam dan manufaktur tentu sudah memiliki gambaran pekerjaan dan pelajaran yang akan dihadapi dalam jurusan ini.  Jurusan fabrikasi logam dan manufaktur juga tepat bagi kamu yang menyukai kerumitan yang presisi dan penuh perhitungan, tantangan untuk menciptakan peralatan baru dan kemungkinan pengembangan suku cadang atau bahan industri lain di bidang perakitan. Syarat lain adalah kamu harus perfeksionis terutama bila menyangkut perhitungan dan akurasi. Bidang ini sangat bergantung pada keakuratan dari sejak perencanaan, pembuatan, hingga perakitan logam menjadi barang industri.

Yang dipelajari


Pada jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai teori terkait proses rekayasa logam seperti jenis-jenis logam produksi, teori pembengkokan logam, teori pemotongan, hingga mengenal cara kerja berbagai peralatan kerja industri fabrikasi logam.

Peralatan di bidang ini sangat beragam dari jenis, ukuran, efisiensi, dan tingkat keamanan. Dengan memberi pengenalan terhadap peralatan tersebut maka faktor keselamatan menjadi kepentingan utama yang harus kamu pahami untuk bekerja menggunakan mesin tersebut.

Semakin besar peralatan yang digunakan, semakin besar pula resiko yang harus dihadapi. Oleh karena itu pelajaran teori dan praktek dari jurusan ini tidak hanya soal kecepatan dan jumlah produksi, namun soal penanganan mesin, perawatan, serta cara pengoprasian yang aman. Setiap mesin yang ada di lapangan bisa berbeda dari apa yang dipelajari, disinilah peran teoritis berguna untuk memahami mesin baru yang kamu temukan saat bekerja kelak.

Kompetensi Kejuruan


Karena banyaknya jenis mesin dan logam yang ada di dunia ini, tentu saja tidak semua bisa dipelajari selama masa pendidikan sekolah menengah yang hanya 3 tahun. Oleh karena ini, setiap lembaga pendidikan mengerucukan jurusan ini menjadi beberapa jurusan yang spesifik dan terfokus pada peralatan tertentu di bidang industri logam.

Beberapa kejuruan yang umumnya ditemukan di SMK Fabrikasi Logam dan Manufaktur antara lain Teknik Pemesinan Bubut, Gerinda, CNC, dan Frais. Teknik gambar Manufaktur yang berfokus pada rekayasa dan perencanaan. Serta ada pula Kelistrikan Mesin dan Konservasi Energi.

Berbagai jurusan di SMK ini saling melengkapi satu sama lain, sebab dalam rekayasa logam dibutuhkan berbagai komponen dan teknologi yang akan saling mendukung pekerjaan berbagai peralatan industri.

Itu tadi penjelasan mengenai apa itu jurusan fabrikasi logam dan manufaktur. Semoga kamu semakin memiliki gambaran terkait pendidikan yang akan kamu tempuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel