Perbedaan Sunblock dan Sunscreen serta Manfaatnya Sehari-hari

Ngalir.com - paparan sinar matahari saat ini lebih berbahaya daripada puluhan tahun belakangan. Bagaimana tidak, sinar UVB serta UVA yang berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit yang terpapar, seperti sunburn hingga penuaan dini. Paparan sinar UV juga semakin meningkat karena kita tahu sebelumnya lapisan ozon semakin menipis dan berlubang di beberapa tempat. Pemanasan global dewasa ini apabila tidak kita cermati dan lakukan tindakan maka bisa mengakibatkan efek yang lebih serius yaitu kanker kulit. Anda tidak perlu cemas atau khawatir bahkan takut keluar rumah, karena kita bisa mengantisipasinya dengan penggunaan pelindung matahari. Apa saja dan bagaimana mekanisme perlindungan terhadap matahari tersebut? Mari kita ulas bersama di bawah ini lebih lanjut.

Perbedaan Sunblock dan Sunscreen serta Manfaatnya Sehari-hari


Pelindung matahari biasanya umum kita sebut sebagai sunblock atau sunscreen. Namun kedua hal tersebut ternyata berbeda dari segi perlindungannya serta bahan aktifnya. Perbedaan sunblock dan sunscreen antara lain:

  • Sunscreen seperti namanya, perlindungan terhadap matahari melalui lapisan. Nantinya sinar matahari ada yang diserap ada pula yang tersaring atau tak bisa diserap masuk ke kulit.

  • Lain halnya dengan sunblock, sesuai namanya sunblock ini bisa menjadi barrier atau penghalang sinar matahari secara keseluruhan baik itu UVA ataupun UVB agar tidak masuk terserap ke kulit kita.

Meskipun sunblock dianggap bisa melindungi dengan baik dari paparan sinar matahari, kenyataannya badan pengawas obat dan makanan Negara Amerika Serikat melarang pemakaian kata sunblock. Mengapa demikian? Ya, karena kata sunblock dianggap berlebihan serta multitafsir bahwa sunblock mampu melindungi dan ampuh seharian penuh aktivitas di luar ruangan. Padahal sebenarnya sunblock perlu dioleskan berulang selang beberapa menit atau jam.

Selain dari segi nama, perbedaan sunblock dan sunscreen adalah dari segi kandungan di dalamnya. Sunscreen lebih ke chemical karena cara kerjanya yaitu penyerapan sinar matahari sehingga tidak sampai masuk ke kulit. Kandungan kimianya yaitu antara lain Cinoxate, Avobenzone, Asam Aminobenzoat, Dioxybenzone dan masih banyak lagi yang lainnya. Sunblock karena dia memblok sinar matahari maka disebut dengan physical. Bahan-bahan aktif yang biasa digunakan adalah zinc serta titanium dioxide.

Cara kerja yang menjadi perbedaan sunblock dan sunscreen:


  • Sunscreen karena dia chemical dan sebagai penyaring sinar matahari, maka cara kerjanya dengan menyerap beberapa sinar UV dari matahari lalu diubah menjadi energi kalor atau panas lalu kemudian dikeluarkan melalui keringat dari kulit. Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen sekitar dua puluh menit sebelum beraktivitas di luar ruangan, karena zat aktif dalam sunscreen memerlukan waktu penyerapan dalam kulit.

  • Sunblock yang merupakan physical pelindung matahari cara kerjanya menjadi barrier atau penghalang agar sinar UVB dan UVA tidak bisa masuk ke lapisan kulit. Maka dari itu sunblock penampakannya berupa lapisan di atas permukaan kulit terluar.

Mungkin setelah membaca beberapa perbedaan sunblock dan sunscreen di atas, kemudian Anda bingung lebih cenderung memilih jenis pelindung matahari yang mana? Tidak perlu risau karena tidak ada yang lebih unggul dibanding yang lainnya, karena semua sama saja, tergantung dari kebutuhan masing-masing dan kenyamanannya penggunanya. Apabila Anda tergolong orang yang aktivitasnya sehari-hari tidak terlalu terpapar sinar matahari, bisa menggunakan sunscreen, karena teksturnya ringan serta tidak menimbulkan efek topeng setelah penggunaannya di kulit. Lain halnya jika aktivitas Anda di pantai, dengan paparan sinar matahari begitu kuat serta menyengat, bisa menggunakan sunblock saat itu juga yang teksturnya lebih berat serta memberikan efek putih di kulit sesaat setelah dioleskan. Sunblock bisa melindungi dalam jangka waktu yang lama dan Anda bisa mengoleskannya kembali saat dibutuhkan kembali.

Jangan lupa untuk memperhatikan kemasan produk, pilihlah produk dengan perlindungan yang lengkap SPF dan PA++ yang bisa melindungi dari sinar UVB dan UVA sekaligus. Mulai dari sekarang, tidak ada salahnya untuk mulai rajin mengaplikasikan sunscreen maupun sunblock ketika akan beraktivitas agar terlindungi dari paparan sinar matahari. Demikian yang bisa kami sampaikan dan jelaskan mengenai perbedaan sunblock dan sunscreen. Semoga bisa memberikan pencerahan dan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel