Sebelum Memilih, Pahami Dulu Beda Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Ngalir.com - belakangan berbagai jurusan terkait ilmu mengenai komputasi dan pekerjaan di belakang komputer menjadi tren yang berkembang di kalangan anak muda. Teknologi dan komputasi saat ini tidak bisa dilepaskan dalam berbagai sektor kehidupan, baik politik, sosial, hobi, hingga masalah ekonomi. Dunia politik saat ini banyak memanfaatkan data-data dan teknologi modern untuk berbagai kebutuhan perang politik. Di bidang sosial, keberadaan teknologi berguna untuk mendata dan mencari solusi bagi berbagai masalah sosial seperti pendataan keluarga miskin dan bantuan sosial. Di bidang ekonomi, keberadaan teknologi terbaru dapat membantu dan mempermudah berlangsungnya proses jual-beli barang dan jasa. Di bidang hobi, banyak kesenangan yang ditekuni untuk dapat dijadikan sumber pemasukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Mulai dari foto digital, videografi, desain, hingga hobi bermain game pun kini menjadi profesi yang cukup menjanjikan.




Karena alasan di atas, ditambah lagi dengan kemudahan mengakses internet saat ini membuat pendidikan di bidang komputer dan teknologi menjadi jurusan yang seksi dan banyak diminati. Nah, bagi kamu yang tertarik belajar teknologi jangan sampai salah memilih jurusan karena banyak sekali turunan dari jurusan ilmu komputer. Dua jurusan yang sering membuat kamu bingung adalah jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Bagi kamu yang masih belum memahami apa Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi, mari kita bahas perbedaanya satu persatu.

Tujuan Pendidikan


Teknik Informatika (TI) adalah cabang ilmu komputer yang mempelajari tentang algoritma dan sistem komputasi yang berguna untuk berbagai pengembangan teknologi. Teknik informatika lebih berfokus pada pengembangan teknologi yang sudah ada dan mencari pengembangan dari teknologi tersebut. Jurusan ini bisa terkait dengan pendidikan robotik dan pengembanangan sistem kecerdasan buatan.

Sistem Informasi (SI) sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jurusan TI. Yang membuat jurusan ini menjadi khusus adalah dengan keberadaan ilmu manajemen dan bisnis di dalamnya. Fokus pengembangan teknologi pada jurusan SI lebih kepada teknologi yang mampu membuat sebuah bisnis menjadi lebih efisien dan menguntungkan. Berbagai program dan aplikasi belanja online adalah salah satu contoh hasil dari jurusan SI.

Nama Lain Jurusan


Karena banyaknya jurusan turunan dari ilmu komputer, sering kali kamu kesulitan membedakan fokus dan tujuan masing-masing jurusan yang ada. Sering pula, suatu jurusan diberi nama yang tidak umum atau tidak sesuai tujuannya meskipun secara konsep sama dengan jurusan yang kamu tuju.

Jurusan TI sering pula diberi nama Matematika Komputasi, Ilmu Komputer, Informatika, Ilmu Komputasi, Ilmu Informatika. Meskipun namanya bermacam-macam, namun kamu tidak perlu bingung karena pada intinya jurusan-jurusan tersebut mempelajari komputasi dan algoritma.

Sementara jurusan SI sering pula dipakai dengan nama Manajemen Informatika, Manajemen Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, serta Manajemen Informasi. Dari namanya sudah jelas bahwa jurusan ini akan mempelajari penerapan dan pengembangan teknologi terkait bidang manajemen dan bisnis.

Materi Pelajaran


Jika kamu mengambil jurusan Teknik Informatika, maka kamu akan sering berkutat dengan teori-teori dan pengembangan algoritma yang berhubungan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi yang telah ada. Di jurusan ini kamu juga akan belajar pengembangan software, perancangan hardware, serta pemecahan berbagai masalah terkait teknologi yang sedang berkembang.

Sementara di jurusan Sistem Informasi kamu akan lebih mempelajari hubungan teknologi dengan ilmu manajemen dan bisnis. Berbagai pengembangan alat transaksi serta aplikasi bisnis menjadi fokus yang ingin dihasilkan dari jurusan ini. Aplikasi kasir, e-commerce, dan e-money adalah contoh dari pemanfaatan teknologi dalam dunia bisnis yang memudahkan kamu membeli atau memesan barang yang kamu inginkan.
Sebelum menentukan jurusan mana yang paling kamu minati, pastikan dulu kamu mengetahui apa Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Dengan mengetahui perbedaan dan fokus pelajaran masing-masing jurusan tersebut kamu tidak akan menjadi mahasiswa salah jurusan yang buta dengan apa yang akan dipelajari.

Dengan memahami apa perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi pula kamu dapat mempersiapkan jenjang karir ke depan yang bisa kamu tempuh setelah lulus. Setiap jurusan tersebut memiliki prospek kerja yang hampir mirip, namun punya perbedaan yang cukup mencolok.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel