Tips Ampuh Mengerjakan Skripsi Teknik Informatika

Ngalir.com - skripsi atau tugas akhir terkadang menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang terutama bagi mahasiswa tingkat akhir. Akan tetapi skripsi justru menjadi hal yang menantang dan menyenangkan apabila kita tahu bagaimana cara mengelola dan mengerjakannya. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa tips ampuh mengerjakan skripsi teknik informatika yang dapat dicoba.


Tips Ampuh Mengerjakan Skripsi Teknik Informatika


  • Hal pertama yang perlu diperhatikan tentang pembuatan tugas akhir sudah pasti pemilihan topik. Anda bisa mulai memilih topik mana yang menjadi perhatian dan minat Anda sejak berada di semester akhir atau semester tujuh. Waktu yang dibutuhkan dalam pemilihan topik kurang lebih sekitar empat hingga enam bulan lamanya. Anda bisa mulai pergi ke perpustakaan atau berselancar di internet untuk mencari bahan, membaca buku dan referensi serta mulai menulis draft kasar skripsi Anda.

  • Apabila topik sudah ditemukan dan Anda sudah yakin, tips ampuh mengerjakan skripsi teknik informatika selanjutnya adalah merancang desain awal atau deskripsi mengenai software atau biasa disebut dengan perangkat lunak sesuai dengan topik. Jangan lupa untuk mencantumkan rincian spesifikasi perangkat lunak, kelebihannya serta manfaat dan tujuannya. Karena ini merupakan latar belakang dan secara garis besar adalah teoritis, maka perbanyaklah mencari referensi seperti buku panduan. Tidak hanya buku saja, karena sekarang sumber informasi sudah beragam, maka bisa mencari bahan seperti jurnal internasional di internet. Jangan lupa untuk mencantumkan catatan kaki atau footnote untuk istilah-istilah sulit, serta daftar pustaka di setiap akhir kalimat atau paragraf.

  • Biasanya penulisan skripsi dibagi menjadi dua bagian utama dan penting. Yang pertama adalah bagian proposal atau pengajuan, terdiri atas pendahuluan, latar belakang, teori dasar, serta metode penelitian. Bagian inilah yang nantinya akan diajukan kepada dosen pembimbing untuk direvisi atau dimintakan sarannya. Dosen pembimbing biasanya ditentukan oleh bagian akademik atau bisa juga mahasiswa memilih sendiri sesuai topik atau bahasan yang diinginkan. Anda juga bisa meminta saran kepada kakak tingkat atau teman seperjuangan skripsi Anda. Perlu diingat, meminta saran bukan berarti mencurahkan seluruh ide Anda kepada mereka, karena bisa saja nantinya malah dipergunakan oleh teman dan Anda akan kecolongan materi.

  • Pendalaman materi. Ya, apabila topik sudah disetujui bersama, Anda bisa lebih memperdalam lagi materi skripsi Anda. Apabila Anda sering pergi dan main ke perpustakaan, bisa mulai mencari atau membaca skripsi milik kakak tingkat Anda dengan tema yang sama. Hal ini bukan termasuk plagiat, karena Anda tidak mungkin mengutip semua yang dikatakan oleh kakak tingkat Anda dalam skripsinya. Anda hanya menambah referensi kemudian mengolahnya kembali dengan kata-kata sendiri dalam tugas akhir atau skripsi.

  • Tips ampuh mengerjakan skripsi teknik informatika berikutnya yang perlu diperhatikan adalah pengerjaan program atau softwarenya. Hal ini sudah lumrah dilakukan oleh mahasiswa teknik informatika tingkat akhir dan biasanya memakan waktu cukup lama. Mengapa bisa begitu? Ya, karena ada sebagian mahasiswa informatika yang tidak terlalu menguasai teknik programming. Saran yang perlu diikuti, Anda bisa belajar mengembangkan programming sehingga tidak terbatas pada program itu-itu saja. Di luar kampus pun kini mulai banyak bermunculan kelas programming yang bisa diikuti mahasiswa tingkat akhir teknik informatika. Untuk Anda yang memang sudah mumpuni di bidang programming, tidak ada salahnya untuk mempersingkat waktu coding serta melakukan prototype program maksimal dua hari. Selambat-lambatnya program diselesaikan satu bulan pun sudah bagus sekali.

  • Jalin komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing Anda. Konsultasi skripsi bisa dilakukan secara dua arah agar bisa saling menambahkan atau mengurangi yang tidak perlu. Jangan lupa untuk mempersiapkan mental yang baik agar mantap dalam menjalani sidang nantinya. Anda tidak perlu berbuat curang seperti menyogok atau berpura-pura baik kepada dosen Anda. Lakukan semuanya dengan tulus, niscaya dosen pasti akan dengan sabar membimbing serta mengarahkan.

Demikian tips ampuh mengerjakan skripsi teknik informatika yang bisa kami bagikan untuk mahasiswa tingkat akhir yang berjuang dengan skripsinya. Semoga bermanfaat dan bisa lulus tepat waktu dengan hasil yang memuaskan serta membanggakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel